Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, DPRD Kotim Dorong Pemerintah Optimalkan Vaksinasi

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Hai Ary Dewar saat mengikuti vaksinasi booster, Rabu 2 Februari 2022. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

SAMPIT – Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H Ary Dewar mendorong pemerintah daerah mengoptimalkan vaksinasi karena menjadi salah satu upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19 varian Omicron dan lainnya.

“Kalau menurut saya, vaksinasi ini harus. Ini ikhtiar kita agar tidak mudah tertular Covid-19. Makanya kami terus mendorong vaksinasi ini dioptimalkan. Kalau bisa, minimal vaksin dosis kedua. Bagus lagi kalau sampai booster,” kata Ary Dewar, dikutip dari Antara, Kamis 3 Februari 2022.

Pekan lalu, RSUD dr Murjani Sampit menemukan delapan warga positif Covid-19 melalui pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction). Sebanyak tujuh orang merupakan warga Kotim, sedangkan satu orang adalah warga Kabupaten Seruyan.

Temuan ini sudah dikoordinasikan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Hal itu lantaran beberapa penderita mengalami gejala seperti orang yang terpapar Omicron. Saat ini delapan penderita tersebut menjalani isolasi mandiri.

BACA JUGA:   Jangan Sampai UU dan PP Kewajiban Plasma Hanya Macan Kertas Semata

Menanggapi kondisi ini, Ary Dewar menilai situasi saat ini perlu menjadi perhatian bersama. Munculnya kembali Covid-19 di daerah ini harus disikapi dengan meningkatkan kembali upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan.

Vaksinasi harus semakin dioptimalkan dengan menjangkau permukiman-permukiman penduduk di kawasan kota hingga pelosok desa. Petugas diharapkan jemput bola untuk memudahkan warga mengikuti vaksinasi.

Vaksinasi yang dilakukan secara masif diyakini efektif menekan risiko penularan Covid-19. Pemerintah daerah tidak boleh jenuh atau menyerah menghadapi berbagai kendala dalam optimalisasi vaksinasi tersebut.

Politisi yang menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPRD ini berharap kasus Covid-19 di Kotim tidak kembali melonjak. Masyarakat juga harus peduli melindungi diri dengan menerapkan protokol kesehatan, serta mengikuti vaksinasi agar tidak mudah tertular Covid-19 dan varian lainnya.

BACA JUGA:   Dishub Diminta Kaji Ulang Andalalin Pengelola Parkir SPBU Km 8 Sampit

Hari ini Ary Dewar pun mengikuti vaksinasi booster. Dia antusias untuk ketigakalinya mengikuti vaksinasi karena sadar ini merupakan upaya yang bisa dilakukan agar tidak mudah tertular COVID-19 maupun varian virus lainnya.

Ketua DPC Partai Gerindra ini mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Selain untuk melindungi diri sendiri, vaksinasi ini untuk mempercepat terbentuknya “herd immunity” agar mata rantai penularan Covid-19 bisa diputus sehingga pandemi segera berakhir.

“Saya mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi karena saya juga sudah melakukan itu. Kita tentu tidak ingin sakit. Makanya vaksinasi ini merupakan salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan,” kata Ary Dewar.

(Antara/BS65)