INGAT!! Selain Jumat dan Minggu, Puskesmas Ketapang Tetap Buka Gerai Vaksinasi

PERIKSA : IM/BERITA SAMPIT - Salah seorang warga yang akan menerima vaksinasi sedang dilakukan pemeriksaan tensi oleh salah seorang perawat di Puskesmas Ketapang II.

SAMPIT – Mempercepat proses pemberian vaksinasi terhadap masyarakat, Puskesmas Ketapang II yang terletak di Jalan H. Imran, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, tetap membuka gerai vaksin untuk masyarakat.

“Puskesmas Ketapang II sampai saat ini masih tetap melakukan kegiatan vaksinasi rutin kepada masyarakat, baik itu tahap pertama, kedua maupun booster selagi persediaan vaksin kita mencukupi,” ucap Kepala Puskesmas Ketapang II Setyo Purwanto, Sabtu 12 Februari 2022.

Dalam pelaksanaan vaksinasi rutin ini, menurut Setyo Purwanto tidak ada waktu yang pihaknya buang cuma-cuma, baik didalam gedung maupun di luar gedung pelaksanaan vaksinasi juga tetap mereka laksanakan.

“Di luar gedung kita datangi sekolah dasar, bahkan ke desa juga kalau memang ada sasaran untuk desa. Selagi vaksin masih ad, kita akan rutin melakukan pelaksanaan vaksinasi,” bebernya.

BACA JUGA:   Pengendara Sepeda Motor Hantam Sebuah Tenant Event di Taman Kota Sampit

Sedangkan mengenai berapa saja dosis yang mereka keluarkan dalam satu hari, pria yang akrab disapa Setyo ini menyampaikan tidak ada jumlah yang sama dalam sehari pelaksanaannya. Karena jumlah baru bisa diketahui setelah adanya masyarakat yang melakukan vaksinasi.

“Dalam sehari bisa di atas 200 dosis, tetapi jumlah tersebut tidak menentu itu semua tergantung berapa jumlah masyarakat yang datang untuk menerima vaksinasi. Sementara mengenai apa saja jenis vaksin, kalau di pilah-pilih tidak bisa saya jawab. Tapi memang kita menghususkan untuk vaksin kedua dan ketiga, kalau yang pertama itu sudah hampir habis, mungkin ada sebagian kecil saja. Jadi dua dan tiga kita lanjut terus vaksinya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Harga Beras, Tomat dan Cabai Rawit di Pasar Sampit Masih Tinggi

Setyo juga mengungkapkan bahwa masyarakat yang datang melakukan vaksinasi rata-rata menerima vaksin dosis pertama, tetapi jumlahnya hanya sedikit. Sedangkan saat ini permintaan vaksinasi disosialisasi vaksin dosis kedua dan ketiga atau booster.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi pada Senin 14 Februari pihaknya hanya akan menyediakan 75 dosis vaksin. Jumlah tersebut ditetapkan karena pada Senin biasanya mereka akan melakukan rapat.

“Kalau hari Senin hanya 75 dosis yang kita siapkan, karena siang harinya kita rapat jadi waktu pelayanan pemberian vaksin juga terbatas. Selain hari Jumat dan Minggu kita rutin kerja pemberian vaksinasi,” tambahnya.

(im/beritasampit.co.id).