Komunitas Betta Fish Gelar Kontes Ikan Cupang, Bupati : Diharapkan Bermanfaat Perkuat Poteni Pemasaran

Ist/BERITA SAMPIT : Bupati Hj Nurhidayah bersama Panitia Acara Kontes Fish pada Pameran Ikan Hias Cupang 2022 di Aula Bahaum Kelurahan Baru PBun-Arsel.

PANGKALAN BUN -Komunitas pencinta  Ikan hias di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Kontes Fish, Ikan Cupang melalui Pameran Ikan Hias, yang digelar Minggu, 13 Februari 2022 di Gedung Bahaum Kelurahan Baru Pangkalan Bun. Acara ini dihadiri Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

“Saya berharap melalui kontes Betta Fish Pangkalan Bun ini akan mengedukasi pecinta ikan hias, mempersatukan pecinta ikan cupang yang mulai banyakdan diharapkan dengan kontes ini dapat memberikan manfaat untuk memperkuat potensi pemasaran dan nilai ekonomis ikan cupang di Kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Hj Nurhidayah usai memberi sambutan dalam acara tersebut.

Seraya menambahkan, berharap Ikan Cupang  sebagai hias bisa berdampak secara ekonomis melihat geliat minat ikan hias di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pecinta ikan hias yang tergabung dalam berbagai komunitas, salah satunya adalah komunitas ikan cupang.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Minta Dikbud Lakukan Inovasi Perihal Perda Beasiswa

Ikan cupang mulai terkenal dan banyak diminati di kalangan masyarakat pada 5 tahun belakangan ini. Saat ini masyarakat yang  hobi ikan cupang hias atau betta ini sangat banyak. Karena itulah ikan cupang bisa menjadi komoditas yang cukup menjanjikan bagi para peternaknya, terbukti pada saat perlombaan atau kompetisi, peserta selalu membludak. Seperti kontes Betta Fish Pangkalan Bun yang dilaksanakan di Balai Bahaum Kelurahan Baru ini.

Kegiatan yang digelar oleh komunitas Betta Fish Pangkalan Bun  ini diikuti sebanyak 265 ekor ikan Cupang. Dan Bupati juga, berharap kontes ikan cupang hias ini dapat menjadi wadah untuk menyalurkan hobi, sekaligus dijadikan momen untuk menggali potensi ikan hias di Kobar serta mengakomodir penghobi ikan hias agar dapat meningkatkan hobi menjadi ladang usaha yang menjanjikan.

BACA JUGA:   Sampaikan LKPJ TA 2023, Pj Bupati Ungkapkan Pertumbuhan Ekonomi di Kotawaringin Barat Semakin Meningkat

Nurhidayah juga mengatakan, pemerintah daerah melalui dinas terkait akan terus mendukung dan menyupor  pengembangan sektor perikanan, khususnya ikan hias dengan cara mempermudah perizinan dan terkait surat menyurat ketelusuran ikan hias sebagai persyaratan perdagangan ikan hias secara legal dan kemudahan administratif lainnya.

Hal ini disyukuri Ketua panita kegiatan, Gusti Misrianto, yang menyampaikan dukungan pemerintah daerah akan sangat membantu perkembangan ikan cupang menjadi komoditas yang menjanjikan secara ekonomi.

“Perkembangan dunia ikan hias khususnya cupang harus menjadi perhatian pemerintah, mengingat potensi ekonominya, bila hal ini didukung akan berdampak terhadap perekonomian daerah,” ungkap Gusti Misrianto, saat dihubungi , Senin, 14 Februari  2022.(man)