Jaga Kelestarian Jenis Ikan di Barito Selatan, 20.000 Bibit Gurami dan Nila Merah Siap Ditebar

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Ida Safitri (Tengah) didampingi Kabid Perikanan, Mustakim di Buntok, Rabu 16 Februari 2022. ANTARA/Bayu Ilmiawan

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) setempat siap menebar sebanyak 20 ribu bibit ikan gurami dan nila merah di perairan daerah itu.

Kepala DKPPP Barito Selatan, Ida Safitri mengatakan, restocking atau menebar bibit ikan di perairan ini dalam upaya untuk menjaga kelestarian jenis ikan agar tidak terjadi kelangkaan.

Jenis ikan yang akan ditebar diantaranya ikan gurami sudah yang sulit ditemukan di sejumlah perairan yang ada di daerah ini.

Jenis ikan lainnya yang juga ditebar yaitu ikan nila merah. Bibit ikan jenis ini juga akan ditebar di sejumlah perairan yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

“Restocking seperti ini kita laksanakan secara rutin dalam setiap tahunnya dan untuk jenis ikan yang ditebar di sejumlah perairan yang ada di Kabupaten Barito Selatan dalam setiap tahunnya berbeda-beda,” ucap Ida Safitri dikutip dari Antara, Rabu 16 Feruari 2022.

Ia pun berharap, dengan dilaksanakannya restocking tersebut akan mampu meningkatkan jumlah populasi ikan, terutama ikan jenis gurami atau dalam bahasa daerahnya disebut ikan kalui tersebut di perairan Barito Selatan ini.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan pada DKPPP Barito Selatan, Mustakim mengatakan, sebanyak 20 ribu bibit ikan tersebut akan ditebar di sejumlah lokasi yang tersebar di enam kecamatan.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Ia juga menambahkan, selain menebar bibit ikan gurami dan ikan nila merah, pada tahun ini pihaknya juga akan menyalurkan sejumlah bantuan untuk membantu masyarakat.

“Untuk bantuan sarana budidaya ikan akan diberikan di Kecamatan Dusun Selatan, dan bantuan alat tangkap ikan akan disalurkan di Kecamatan Dusun Hilir. Sedangkan bantuan berupa mesin ces akan disalurkan pihaknya di wilayah Kecamatan Karau Kuala dan di Kecamatan Dusun Utara,” katanya.

(Antara/BS65)