Warga Gunung Mas Diimbau Manfaatkan Layanan Vaksinasi

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (batik hijau) didampingi Kapolres AKBP Irwansah (kanan) dan lainnya saat memberi keterangan kepada awak media, di SDN 3 Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Sabtu 19 Februari 2022. ANTARA/Chandra

GUNUNG MAS – Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengimbau masyarakat agar memanfaatkan layanan vaksinasi COVID-19 yang telah disediakan pemerintah.

“Masyarakat saya imbau memanfaatkan layanan vaksinasi, baik itu di pusat kesehatan masyarakat terdekat atau di berbagai lokasi kegiatan vaksinasi massal,” ucap Jaya usai mengikuti konferensi video bersama Kapolri di SD Negeri 3 Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Sabtu 19 Februari 2022.

Menurut dia, saat ini masyarakat dapat memanfaatkan layanan vaksinasi di puskesmas. Puskesmas juga gencar melakukan vaksinasi ke sekolah, desa dan lainnya.

Itu semua, tutur dia, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi, baik dosis pertama, dosis kedua, maupun dosis ketiga atau penguat.

BACA JUGA:   Tabrakan dengan Truk, Pengendara Motor di Gunung Mas Luka Parah dan Meninggal di TKP

Orang nomor satu di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini menyebutkan vaksinasi massal akan dilaksanakan di Gedung Christian Center Kalawa Kuala Kurun pada Minggu 20 Februari 2022, mulai pukul 09.00 WIB.

“Dalam kesempatan ini saya minta masyarakat yang belum divaksinasi agar mengikuti vaksinasi massal di Gedung Christian Center Kalawa Kuala Kurun. Di sana nanti juga ada vaksinasi untuk anak dan vaksinasi booster,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Gunung Mas AKBP Irwansah mengatakan, pihaknya bersama TNI dan pihak terkait lainnya siap membantu pemerintah daerah dalam mempercepat vaksinasi di wilayah setempat.

BACA JUGA:   Puluhan Masyarakat Gunung Mas Ikuti Operasi Katarak Gratis

Selain itu, sambung dia, polisi bersama pihak terkait lainnya akan terus menggencarkan sosialisasi terkait manfaat vaksinasi dan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, demi memutus mata rantai COVID-19.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas Evelnie mengatakan secara umum target vaksinasi di kabupaten setempat adalah 101.495 orang, dan hingga 18 Februari 2022 capaian dosis pertama adalah 82,16 persen dan dosis kedua 46,10 persen.

“Untuk target vaksinasi anak usia 6-11 tahun se-Gunung Mas berjumlah 14.691 orang, dan hingga 18 Februari 2022 capaian dosis pertama adalah 61,55 persen, sedangkan capaian dosis kedua 4,28 persen,” demikian Evelnie.

(Antara/BS65)