Faktor Kelelahan, Sejumlah Nakes di Puskesmas Menteng Positif Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Dua orang Nakes saat Istirahat akibat Kelelahan.

PALANGKA RAYA – Akibat terlalu kelelahan membuat sejumlah Tenaga kesehatan (Nakes) yang bekerja di Puskesmas Menteng Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya terpapar Covid-19.

Kepala Puskesmas Menteng Kecamatan Jekan Raya, Sugito mengungkapkan, sebagai salah satu pemicu para Nakes terpapar Covid-19 diakibatkan faktor kelelahan. Belum lagi membeludaknya warga yang datang dengan keluhan gejala Covid-19, sehingga dapat mengalami peningkatan dan perhatian kepada 300 an pasien Isoman menguras tenaga para Nakes.

BACA JUGA:   Komunitas Dayak Bajuju Kalteng Lakukan Aksi Damai Tolak Hak Angket

“Meski Nakes kita sudah menggunakan standar Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) ketat dan mendapatkan vaksinasi dosis lengkap juga tak terhindar dari ganasnya Covid-19,” terang Sugito, Jumat 25 Februari 2022.

“Setidaknya sudah ada 19 Nakes yang positif terkonfirmasi Covid-19, mereka sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) dan mendapatkan perhatian obat-obatan serta perawatan berkala,” sambungnya.

Lebih lanjut dirinya menambahkan bahwa, banyaknya Nakes yang terpapar Covid-19 di Puskesmas Menteng tersebut, membuat pelayanan operasional dipersingkat. Loket pendaftaran pun kini hanya buka hingga pukul 10.00 WIB.

BACA JUGA:   Bappedalitbang Gelar Pelantikan Ahli Madya dan Ahli Pertama

“Saya menghimbau kepada warga di Kelurahan Menteng, agar dapat mengurangi mobilitas berpergian ke luar daerah dan jika ada warga yang memiliki gejala Covid-19, diharapkannya dapat langsung untuk datang ke Puskesmas agar mendapat perawatan sehingga resiko tranmisi lokal dapat dicegah,” tutup Sugito

(M.Slh/beritasampit.co.id)