Wagub Kalteng Terima Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat menerima ikhtisar hasil pengawasan BPKP Kalteng Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Kalteng, Bambang Ari Setiono

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo didampingi Auditor Ahli Utama Sapto Nugroho, menerima ikhtisar hasil pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalteng Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP  Kalteng, Bambang Ari Setiono, beserta jajaran Koordinator Pengawasan BPKP di Ruang Kerja Wagub, Rabu 2 Maret 2022.

Wagub Edy Pratowo mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPKP yang selama ini telah melakukan pengawasan serta mendampingi Pemprov Kalteng dalam menyelenggarakan kegiatan pembangunan dan tata kelola pemerintahan.

“Saya menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan senantiasa berupaya menindaklanjuti sejumlah rekomendasi dalam Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP ini demi terwujudnya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Tambun Bungai,” ucapnya.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Bambang Ari Setiono menyampaikan bahwa selama tahun 2021 ini BPKP Kalteng telah melakukan sejumlah pengawasan yang diarahkan pada isu-isu nasional dan daerah dalam rangka mengawal percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

Kegiatan pengawasan tersebut terbagi dalam beberapa aspek yang meliputi: pengelolaan keuangan negara, perlindungan manusia menghadapi pandemi, peningkatan ketahanan nasional, pemerataan pembangunan yang berkeadilan, hingga penguatan good governance dan pengendalian kecurangan.

Kemudian pengawasan difokuskan pada berbagai program/kegiatan, yakni akuntabilitas keuangan daerah, penyerapan anggaran, dan PBJ daerah, ketahanan sistem kesehatan, ketahanan sistem perlindungan sosial, ketahanan sistem pendidikan, ketahanan korporasi UMKM, pembangunan infrastruktur, ketahanan pangan (food estate), penanggulangan bencana, pembangunan daerah dan desa, serta tata kelola instansi pemerintah.

BACA JUGA:   Wagub Kalteng Tegaskan, Kolaborasi Jadi Penentu Keberhasilan Tambak Udang BERKAH Sukamara

Oleh karena itu Bambang berharap hasil dari pengawasan BPKP Kalteng ini dapat menjadi rekomendasi strategis bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui jajaran Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota dalam memetakan risiko-risiko untuk melakukan perbaikan pada program yang belum terlaksana ataupun menemui hambatan saat proses pelaksanaannya. BPKP Kalteng akan selalu siap mendampingi Pemprov Kalteng dalam mewujudkan tata kelola keuangan dan pembangunan yang berkualitas dan akuntabel. (Hardi/beritasampit.co.id)