Desa Pamalian Terdapat Air Jernih Perbukitan Batu Bakajang

AIR BUKIT : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Ustad Syarifudin saat mencuci tangan dan muka menggunakan air jernih mengalir dari perbukitan batu Bakajang di Desa Pamalian, Kecamatan Kota Besi, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Desa Pamalian, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), ternyata menyimpan suatu keunikan. Salah satunya, terdapat air jernih mengalir dari atas perbukitan Batu Bakajang Pamalian.

Kepala Desa Pamalian Muhammad Arsad mengatakan, air jernih itu keluar dari sela-sela batu sedimen yang ada di puncak bukit batu Bakajang pamalian dan mengalir ke dataran rendah.

“Airnya sangat jernih dan dingin walaupun pada saat itu sangat terik,” ujarnya kepada wartawan media siber beritasampit.co.id pada saat berada di lokasi, baru-baru ini.

BACA JUGA:   Aksi Curanmor Digagalkan Warga, Pelaku Dapat Bogem Mentah

Dia menjelaskan, tidak banyak yang mengetahui adanya air jernih tersebut. Sebab, kata Arsad, lokasi sangat tersembunyi di sela-sela bukit dan jauh dari pemukiman warga desa setempat.

“Akses jalannya juga cukup sulit karena menanjak bahkan hanya satu jalur. Paling mudah dan cepat untuk mencapai lokasi menggunakan kendaraan roda 2 saja,” saran Arsad.

BACA JUGA:   Bekas Dermaga Gudang Gembor Sampit Dikeluhkan Warga Sering Digunakan Pesta Miras dan Mesum Pasangan Sejoli

Selain itu, Arsad juga mengungkapkan bahwa meskipun musim kemarau air yang keluar dari sela-sela batu Bakajang pamalian itu tidak pernah kering, sehingga apabila pada saat musim kemarau panjang nantinya air perbukitan itu bisa dimanfaatkan.

“Kami dari pemerintah desa tidak ada anggaran mengelola objek tersebut untuk dijadikan sebagai wisata. Kami harapkan, semoga saja pemerintah daerah mau membantu karena objek tersebut mungkin hanya ada di Desa Pamalian,” pungkasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)