Disperindag Klaim Stok Elpiji di Palangka Raya saat Ramadhan Aman

Foto Arsip - Petugas menata gas bersubsidi di Palangka Raya.(ANTARA/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengklaim stok atau ketersediaan gas elpiji di daerah setempat saat bulan suci Ramadhan ini masih aman.

“Pertamina memberikan kuota daerah setempat 40 persen gas elpiji non subsidi, sedangkan untuk elpiji subsidi sebanyak 60 persen. Hal itu juga sudah sesuai dengan proporsi daerah setempat,” kata Kepala Disperindag Kota Palangka Raya Rawang melalui Kepala Bidang Perdagangan Hadriansyah di Palangka Raya, Selasa 22 Maret 2022.

Dikutip dari Antara, dikatakan data persentase angka yang disampaikan pihak Pertamina kepada Disperindag selama ini dinilai sudah mencukupi angka rata-rata di Kota Palangka Raya.

Kuota yang diberikan diyakini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam satu bulan. Maka dari itu, kebutuhan gas elpiji di wilayah setempat dipastikan tetap terpenuhi.

BACA JUGA:   Terkait Dugaan Malpraktik, RSUD Doris Ungkap Penanganan yang Dilakukan Sudah Sesuai Prosedur

“Memang diakui biasanya permintaan itu ada mengalami kenaikan pada bulan Ramadhan, karena masyarakat ada kesibukan dalam menyajikan makan siap saji bagi warga yang hendak berbuka puasa, serta lain sebagainya sehingga terjadi pemakaian gas yang cukup aktif setiap harinya,” ucapnya.

Hadriansyah yang akrab disapa Adaw itu juga menegaskan, Disperindag Kota Palangka Raya akan terus gencar melakukan pengawasan terkait penjualan gas elpiji subsidi agar tidak dijual ke daerah lain maupun diselewengkan.

Kekhawatiran tersebutlah yang dapat membuat resah masyarakat. Masyarakat khawatir stok gas elpiji untuk masyarakat tidak mampu malah dijual ke daerah lain sehingga stok di Palangka Raya menjadi kosong.

“Pengawasan dilakukan agar menghindari terjadinya hal-hal yang selama ini tidak kita inginkan terjadi, salah satunya penjualan gas elpiji subsidi ke daerah lain,” ungkap mantan Sekretaris Kecamatan Jekan Raya itu.

BACA JUGA:   Diisukan Maju di Pilwakot Palangka Raya, Ini Tanggapan Ivo Sugianto Sabran

Ia juga menambahkan, jelang bulan suci Ramadhan ini Disperindag melalui Bidang Perdagangan beberapa waktu lalu melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah beberapa agen yang di ‘Kota Cantik’ Palangka Raya.

Hasil kegiatan tersebut, Disperindag setempat mendapatkan informasi bahwa stok elpiji subsidi dan non subsidi masih aman pada Ramadhan, bahkan sampai Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Untuk harga elpiji di agen tetap normal, hanya saja di eceran dijual bervariasi. Untuk gas elpiji tiga kilogram di eceran harganya Rp30-35 ribu per tabung, sedangkan gas elpiji 5,5 kilogram modalnya Rp94 ribu dan dijual eceran Rp98 ribu. Kemudian elpiji 12 kilogram harga modalnya Rp198 dijual di eceran sampai Rp200 ribu,” demikian Hadriansyah.

(Antara/BS65)