Ini Upaya Pemkab Barito Timur dalam Percepatan Vaksinasi Booster

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (tengah) didampingi FKPD memaparkan penanganan COVID-19 dan capaian vaksinasi saat rakor dengan Pemprov Kalteng melalui konferensi video di Tamiang Layang, Kamis (24/3/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas meminta Satgas Penanganan COVID-19 setempat terus melaksanakan percepatan vaksinasi dosis III atau booster kepada masyarakat umum untuk meningkatkan imunitas tubuh dan meminimalisir risiko terpapar COVID-19.

“Kita akan terus berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi booster,” kata Ampera AY Mebas, dikutip dari Antara, Kamis 24 Maret 2022.

Menurutnya, dalam rapat koordinasi dengan Pemprov Kalteng juga menekankan penanganan COVID-19 dan percepatan vaksinasi dosis ketiga memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Masyarakat juga diminta mendukung upaya tersebut dengan proaktif mengikuti vaksinasi COVID-19 lengkap, dengan penguat atau booster.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

Orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu meminta unsur Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Barito Timur saling bersinergi dalam upaya meningkatkan protokol kesehatan dan percepatan pelaksanaan vaksinasi dosis III atau booster.

“Dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi booster bisa bekerja sama dengan pihak ketiga,” kata Ampera.

Ditambahkan Ampera, upaya antisipasi penyebaran COVID-19 pada bulan puasa dan lebaran nanti dengan meningkatkan kesiapan dalam penerapan protokol kesehatan. Selain itu juga dilakukan upaya percepatan vaksinasi dosis I, II dan booster kepada masyarakat.

“Vaksinasi merupakan salah satu upaya antisipasi COVID-19 dalam menekan penyebaran dan penularan COVID-19. Dengan mengikuti vaksinasi dosis I, II dan booster atau lengkap maka imun tubuh akan kuat terhadap paparan COVID-19,” jelas Ampera.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

Saat rapat koordinasi penanganan COVID-19 dan percepatan vaksinasi booster memasuki Ramadhan dan Lebaran 2022 dengan Pemprov Kalteng, Ampera juga memaparkan capaian vaksinasi di Kabupaten Barito Timur yang cukup baik.

Capaian vaksinasi dosis I sebanyak 80.940 dosis atau 92,16 persen, capaian vaksinasi dosis II sudah 70.767 dosis atau 80,57 persen dan vaksinasi dosis III atau booster di angka 8.264 dosis atau 9,41 persen.

(Antara)