Warga Palangka Raya Ramai Ziarah ke Makam Jelang Ramadhan

Warga berziarah di tempat pemakaman umum di Kilometer 2 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (ANTARA/Makna Zaezar)

PALANGKA RAYA – Warga Kota Palangka Raya di Provinsi Kalimantan Tengah berziarah ke makam anggota keluarga dan kerabat menjelang Bulan Ramadhan 1443 Hijriah, yang menurut ketetapan pemerintah bermula 3 April 2022.

Dilansir dari Antara, Sabtu 2 April 2022, beberapa tempat permakaman di Kota Palangka Raya ramai dikunjungi oleh warga yang hendak berziarah, termasuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kilometer 2 dan Kilometer 12.

“Berziarah ke makam sebelum puasa sudah menjadi bagian dari aktivitas tahunan keluarga kami. Sebelum Ramadhan, kami pasti menziarahi makam keluarga yang terlebih dahulu berpulang,” kata Nur Amin, warga Palangka Raya yang berziarah di TPU Islam di Kilometer 2.

BACA JUGA:   Bawaslu Kapuas Nyatakan Sejumlah TPS Diduga Lakukan Pelanggaran Administratif Pemilu

“Tentu tujuan kita ziarah ini agar mengingatkan kembali tentang kematian yang bisa datang sewaktu-waktu. Selain itu juga untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan orang yang terlebih dahulu mendahului kita,” kata Nur, yang bersama istri dan anaknya menziarahi makam ayahnya.

Lukman Hairin (50), warga Palangka Raya lainnya, sejak kecil juga dibiasakan oleh orang tuanya untuk ziarah ke makam sebelum Ramadhan.

Selain untuk mengingat dan mendoakan para pendahulu, ia mengatakan, ziarah kubur juga merupakan salah satu cara untuk mengingatkan diri pada kematian dan masa pertemuan kembali dengan sang pencipta.

“Dengan berbagai renungan itu, kita akan lebih semangat mencari bekal menuju kehidupan selanjutnya,” katanya.

BACA JUGA:   Hj. Aster Bonawaty Ungkapkan Diri Siap Maju dalam Pilkada Bartim

“Ramadhan ini merupakan momentum paling istimewa untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan serta meningkatkan perbuatan baik kita antara sesama,” ia menambahkan.

Di tempat permakaman di Kilometer 2 dan Kilometer 12 Palangka Raya, warga yang berziarah umumnya mengenakan masker.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin sebelumnya mengingatkan warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, termasuk saat berziarah ke makam.

“Jangan sampai karena lengah kondisi kita yang terus membaik ini tidak bisa kita pertahankan. Mari jaga Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini agar semakin nyaman dan aman,” katanya.

(Antara/BS65)