Menuju SMK Pusat Keunggulan, SMK-2 Kasongan Gandeng UPR

IST/BERITA SAMPIT - Jajaran Guru SMKN-2 Kasongan usai menandatangai MoU dengan pihak UPR.

KASONGAN – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kasongan menandatangai Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Universitas Palangka Raya (UPR).

Kerjasama ini dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dimana pihak SMKN 2 Kasongan berharap UPR khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dapat menjadi guru tamu serta menjadi wadah konsultasi terkait program pendidikan.

Menurut Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kasongan, Lamiang, kerja sama ini sebagai wujud konkrit peningkatan kualitas pendidikan agar sekolah itu dapat menjadi SMK- Pusat Keunggulan (SMK-PK).

Peluang SMK Negeri 2 Kasongan mewujudkan visi dan misi semakin terbuka lebar dengan adanya MoU ini. Untuk itu, peran aktif dari kedua pihak dalam menjalankan isi dari perjanjian merupakan kunci sukses guna kemajuan pendidikan dimasa mendatang,” tandasnya.

BACA JUGA:   Kasus Pencurian Sarang Burung Walet di Katingan Berakhir Damai

Lebih lanjut dirinya berharap, dengan adanya mahasiswa PPL yang ditempatkan di SMK Negeri 2 Kasongan memberi penyegaran dan dampak positif bagi guru dan siswa. Mahasiswa PPL dapat menularkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama magang.

“Guru tamu dari Perguruan Tinggi akan menjadi penyelaras kurikulum SMK sesuai program studinya. Dalam hal ini berkaitan dengan dua kompetensi yang ada di sekolah ini, yakni Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) serta Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM),” imbuhnya.

Disampaikan, Mou itu berawal dari acara sosialisasi yang digagas oleh pihak program studi Pendidikan Teknik Bangunan di SMKN 2 Kasongan, 11 April 2022 lalu. Akhirnya tercetuslah keinginan dari pihak sekolah untuk melaksanakan MoU dengan pihak prodi Pendidikan Teknik bangunan FKIP UPR.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

“Keinginan tersebut disambut baik oleh pihak UPR, bahkan diperluas lagi tujuan MoU yang bukan hanya pada satu program studi saja, tapi pada dua program studi,” jelasnya.

Ditempat sama, perwakilan UPR, Lola Cassiophea, mengatakan, bahwa mereka juga telah melaksanakan MoU serupa dengan SMK lain. Hal sama diungkapkan Revianti Cornraad, selaku ketua jurusan dari FKIP UPR saat memberi sambutan.

Dalam acara penandatanganan Nota Kesepakatan tersebut dihadiri guru SMK Negeri 2 Kasongan dan lima orang dosen dari Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UPR.

(Kawit/Beritasampit.co.id)