Kegiatan Pangan Murah Pangkas Rantai Distribusi, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng: Harga Lebih Terjangkau Masyarakat

ILHAM/BERITA SAMPIT - Warga Antre membeli minyak goreng curah, yang dijual murah di kegiatan Pangan Murah, yang digelar di Taman Kota Sampit. Jumat 22 April 2022.

SAMPIT – Kegiatan Pangan Murah program Kementerian Pertanian, yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, mendapat sambutan hangat masyarakat Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Meski diguyur hujan, kegiatan yang digelar di Taman Kota Sampit ini, tetap diserbu warga yang sangat antusias ingin mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah tersebut. Jumat 22 April 2022.

“Kegiatan Pangan Murah ini memangkas rantai distribusi, penjualan dari Produsen langsung ke konsumen, sehingga dapat harga lebih rendah dari pasar,” Kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng Sunarti, saat dikonfirmasi media ini.

Kegiatan Pangan Murah ini menurut Sunarti, juga melibatkan Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center, yang merupakan program kegiatan Dinas Ketahanan Pangan dengan sumber dana APBN.

BACA JUGA:   SMP Negeri 2 Sampit Bagikan Takjil untuk Masyarakat

“Mereka juga termasuk kelompok tani yang produktif, jadi perlu dipromosikan ke masyarakat,” ucapnya.

Sementara, sejumlah komuditi yang dijual di Pangan Murah tersebut diantaranya, Beras, Minyak Goreng kemasan, Bawang Merah dan Bawang Putih, gula pasir, ayam beku, cabe merah besar, cabe rawit, cabe hijau besar, telur ayam serta minyak goreng curah.

“Ada juga produk Hortikultura seperti, lemon, jeruk dekopon, jambu kristal, olahan jamur, puding dan juga sirup lemon sereh,” jelas Sunarti.

BACA JUGA:   Sejumlah Nama Birokrat Dinilai Kandidat Kuat di Pilkada Kotim

Berikut daftar harga komuditi yang dijual pada kegiatan Pangan Murah tersebut :

– Beras 5 kilogram Rp 47.500

– Beras Siam Epang RP 12.000/ Kg

– Minyak Goreng Kemasan Rp 20.000 perliter

– Bawang merah Rp 30.000/ kg

– Bawang putih Rp 30.000/ kg

– Ayam Beku Rp 35.000/ ekor

– Cabe merah besar Rp 47.000/ kg

– Cabe rawit Rp 40.000/ kg

– Cabe besar hijau Rp 25.000/ kg

– Telur Ayam Rp 40.000/ sak

– Minyak goreng curah Rp 13.000/liter.

(Cha/beritasampit.co.id)