Kemenag Kota Palangka Raya Siap Berangkatkan 140 Calon Haji

Dokumentasi. Ratusan jamaah di sekitar Ka'bah Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi, Senin (9/9/2019). (ANTARA/Hanni Sofia/aa.)

PALANGKA RAYA – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya, siap memberangkatkan 140 calon haji ke Mekkah, Arab Saudi, pada periode Haji 2022.

“Tahun ini di Palangka Raya ada 140 calon. Untuk maskapai dan keberangkatan, kami tinggal menunggu ketentuan pusat,” kata Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya Nur Widiantoro, saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Jumat 13 Mei 2022.

Dia mengatakan rekrutmen Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) di wilayah setempat juga telah siap.

“Sementara untuk persiapan paspor para calon yang akan berangkat juga telah mencapai 90 persen,” kata Nur.

BACA JUGA:   Sekwan Palangka Raya Gelar Rapat Evaluasi Kinerja Pegawai

Berdasar data yang dikeluarkan Kantor Wilayah Kemenag Kalteng pada Kamis (12/5), dari 140 calon haji asal Kota Palangka Raya, 108 telah melunasi setoran haji dan 32 sisanya belum menyelesaikan kewajiban pelunasan.

Jamaah haji reguler yang telah melunasi BPIH 2020 harus melakukan konfirmasi ke bank penerima setoran (BPS) biaya penyelenggaraan ibadah haji. Waktu pelunasan BPIH dibatasi sampai dengan 20 Mei 2022.

Sementara itu, persyaratan konfirmasi pelunasan dan pembayaran pelunasan haji reguler Tahun 2022, antara lain telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji 1441  H/2020 M.

BACA JUGA:   Personil TNI Sosialisasikan Pupuk Cair Lestari 102 Kepada Petani Kalampangan

Kedua, berusia paling tua 65 tahun pada 30 Juni 2022, sesuai dengan urutan nomor porsi. Kemudian belum pernah menunaikan ibadah haji atau sudah pernah menunaikan haji paling singkat 10 tahun sejak menunaikan haji terakhir.

Selanjutnya berusia paling rendah 18 tahun pada 4 Juni 2022 atau sudah menikah dan jamaah calon haji juga harus telah divaksinasi COVID-19.

Para calon haji yang akan berangkat tahun ini juga diminta meningkatkan pemahaman tata cara berhaji secara mandiri. Selain itu juga selalu menjaga kesehatan diri serta mematuhi arahan dan petunjuk dari petugas.

ANTARA