Festival Budaya Isen Mulang Diikuti 1500 Peserta

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari.

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari saat menyampaikan laporan di pembukaan FBIM di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa 17 Mei 2022 mengatakan, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) adalah kegiatan festival budaya yang telah dilaksanakan sejak tahun 1993.

Dia menyampaikan, penyelenggaraan festival ini adalah sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah, yang diperingati setiap bulan Mei pada setiap tahunnya sekaligus sebagai sarana promosi budaya dan kepariwisataan Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Satgas JPH Kemenag Kalteng Sosialisasi Kampanyekan Wajib Halal Oktober

“FBIM juga termasuk dalam kharisma event nusantara 2022 atau yang biasa disingkat KEN 2022, yang merupakan strategi kolaboratif antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Daerah di 34 provinsi di Indonesia dalam tujuan mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal baik secara ekonomi, sosial budaya dan juga berasaskan lingkungan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Waktu pelaksanaan enam hari yakni dari tanggal 17 sampai dengan 22 Mei 2022, di Kota Palangka Raya, lokasi bundaran besar, UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah, kawasan bawah jembatan kahayan dan aula Jayang Tingang kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Budpar Kalteng Gelar Sosialisasi Anugrah Kebudayaan Indonesia

Dia menambahkan, ada 17 cabang yang dilombakan di FBIM tahun 2022 ini, yang dimana lomba tersebut diikut oleh sekitar 1500 peserta, yang berasal dari 13 kabupaten dan satu kota.

Khusus peserta karnaval berjumlah kurang lebih 3000 peserta yang berasal dari SOPD Provinsi Kalimantan Tengah, instansi vertikal, komunitas, perbankan, paguyuban, organisasi masyarakat, perguruan tinggi dan lainnya khusus mengikuti lomba karnaval budaya. (Hardi/beritasampit.co.id).