Tradisi Mangenta Dengan Peserta Terbanyak Masuk Rekor Muri

IST/BERITA SAMPIT - Senior Manager MURI Awan Rahargo

PALANGKA RAYA – Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti acara pencatatan Museum Rekor Indonesia (MURI) Prosesi Tradisi Mangenta Terbanyak Tahun 2022. Acara Prosesi Tradisi Mangenta Terbanyak tersebut dilaksanakan di Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu 22 Mei 2022.

Senior Manager MURI Awan Rahargo mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga bisa mendapatkan kesempatan menyaksikan tradisi leluhur bangsa yang memang sudah ada sejak turun temurun ini.

“Kenta merupakan salah satu makanan/kuliner tradisional khas masyarakat Dayak yang ada di Kalteng, yang bisa dibilang langka karena sudah jarang ditemui,” ucapnya.

BACA JUGA:   Yuas Elko Membuka Gelar Seni Budaya Hari Perempuan Internasional

Ia menyebut, perlu upaya-upaya konkrit untuk memperkenalkan kenta ini kepada masyarakat luas sebagai bagian dari pelestarian budaya.

“Ini menjadi salah satu pelestarian budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. MURI hadir dan akan mempersembahkan piagam penghargaan. Mangenta akan diperkenalkan kembali ke masyarakat, khususnya yang berada di Kalteng, karena disamping mengetahui kajiannya ketika sudah jadi, hari ini diperkenalkan juga proses membuat kenta itu sendiri. Harapannya ini bisa menjadi bagian dari warisan budaya yang harus kita jaga, khususnya generasi muda harus tahu cara mangenta,” lugasnya.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

Dirinya menambahkan, peserta yang mengikuti rekor pencatatan MURI mangenta ini sebanyak kurang lebih 530 peserta. Namun karena banyaknya animo masyarakat terkait tradisi mangenta, banyak masyarakat yang ikut ambil bagian dalam rekor pencatatan MURI mangenta tersebut, sehingga peserta bertambah menjadi 1043 orang. (Hardi/beritasampit.co.id)