Dewan Imbau Warga Tetap Waspada Penyakit Pasca Banjir

LULUS/BERITA SAMPIT- Rabul Yakin, Amd Kep sisi kiri

PURUK CAHU – Ancaman bencana banjir tak hanya pada saat banjir terjadi, namun pasca bencana banjir juga membahayakan jika kita tidak mengantisipasinya. Ancaman itu berupa wabah penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan yang kotor pasca banjir usai.

Anggota DPRD Murung Raya Rabul Yakin Amd, Keph mengatakan, biasanya wabah penyakit yang datang berupa diare, demam, flu, dan yang lebih berbahaya adalah demam berdarah.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Maka untuk itulah antisipasi wabah penyakit pasca bencana banjir itu penting, mengingat sisa- sisa genangan air yang kotor tersebut menjadi sarang dan berkembangbiaknya nyamuk yang bisa menyebabkan wabah penyakit demam berdarah jika nyamuk itu menghisap darah melalui kulit ari manusia,” ujarnya, Senin 23 Mei 2022.

Politisi PPP ini menerangkan, demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini awalnya menyelinap dalam tubuh kemudian hidup di sel yang menuju saluran pencernaan nyamuk.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Pasca bencana banjir pun kita harus tetap waspada dan mengantisipasi dengan mencegah wabah penyakit yang datang akibat banjir. Demam berdarah adalah momok yang sering dijumpai masyarakat pasca bencana banjir, maka untuk itulah mengantisipasi hal itu sangat diperlukan,” tuturnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)