Warga Desa Jaya Karet Juara Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Kotim

JUARA INOVASI : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Plt Kepala DPMD Kotim menyerahkan piala dan uang pembinaan secara simbolis kepada juara lomba Inovasi TTG tingkat Kotim yang diselenggarakan di Aula Mahaga Lewu DPMD Kotim.

SAMPIT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat kabupaten. Ada 6 peserta terdiri dari perorangan dan beberapa tim baik kategori umum maupun pelajar terdaftar mengikuti event yang digelar saban tahun ini.

“Lomba inovasi TTG kami ada setiap tahun. Untuk juara pertama akan mewakili Kotim ke tingkat Kalteng yang akan diadakan Juni mendatang,” ucap Plt Kepala DPMD Kotim Sutimin kepada wartawan media siber beritasampit.co.id, usai pengumuman juara di Aula Mahaga Lewu DPMD Kotim, Selasa 31 Mei 2022.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Terima Penghargaan dari Balai Bahasa Kalteng Dalam Revitalisasi Bahasa Daerah

Sutimin menyebutkan, berdasarkan hasil rapat dewan juri ada 5 pemenang lomba inovasi TTG tingkat Kotim tahun 2022 yakni, juara pertama diraih Zaky Mubarak inovasi aplikasi Pelanduk Rimba, juara kedua tim Yoyok Subagio, Hermandi dan Andre, inovasi alat pemotong umbi-umbian untuk pembuatan keripik dan juara ketiga tim Eko Marwanto dan Humaira Izza Latifa, inovasi alat processing minyak VCO (Virgin Coconut Oil),

Selain itu, lanjutnya, dewan juri mengumumkan juara harapan diantaranya, juara harapan pertama Mathius Karengke, inovasi alat pengering portable dari limba rumah tangga, juara harapan kedua tim Natanael dan Lhefy Timotius, inovasi mesin pembuat santan kelapa, dan juara harapan ketiga Sugeng Haryanto, inovasi mesin pemotong rumput “TMP” Tekan, Mutar, Pakai.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Lanjutkan Masa Jabatan Setelah Gugatan ke MK Dikabulkan

“Untuk juara pertama atas nama Zaky Mubarak berasal dari Desa Jaya Karet, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Melalui hasil karya inovasinya itu kami sangat berharap tidak hanya juara tingkat kabupaten, bahkan provinsi dan nasional,” harap Sutimin.

Terkait inovasi TTG tingkat Kalteng, mantan Asisten II Setda Kotim ini menambahkan, DPMD Kotim siap mendampingi dan memberikan support kepada juara khususnya juara pertama yang akan berkompetisi pada Juni mendatang. (ifin/beritasampit.co.id).