Perumdam Tirta Arut Kobar Siap Luncurkan Produk Air Minum Kemasan

Sapriansyah Dirut Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun Kabupaten Kobar.

PANGKALAN BUN – Dalam waktu dekat rencananya Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal meluncurkan produk air minum dalam kemasan.

Direktur Perumdam Tirta Arut, Sapriansyah mengatakan, rencana memproduksi air minum bentuk kemasan pada tahun 2023. “Produk tersebut menggunakan bahan baku air dari sumber mata air perbukitan di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan (Arsel),” kata Sapriansyah, Selasa 7 Juni 2022.

Menurutnya setelah melalui survey di Desa Kumpai Batu, terdapat mata air alami yang jernih dan sangat layak konsumsi. Walau demikian sebelum dikemas tentunya harus melewati pengolahan yang higienis sesuai standar yang telah ditentukan.

BACA JUGA:   Pemkab Kobar Jamin 81.325 Jiwa Penduduk Dalam Program JKN tahun 2024

“Mohon doa restunya, saat ini kami masih melakukan proses penyusunan analisis dampak lingkungan (amdal) dan perizinan produk air minum tersebut. Dan dalam hal pembangunannya juga masih dalam tahapan pembahasan bersama pihak ketiga. Dalam hal pendirian pabrik air minum kemasan estimasi biayanya masih kami kalkulasikan. Diperkirakan biaya yang digunakan dalam hal itu cukup besar, namun pangsa pasarnya juga cukup besar,” jelas Sapriansyah.

Dia menambahkan, produk perdana yang diluncurkan nantinya kemungkinan adalah air kemasan dalam botol. Namun namanya belum bisa ia sebutkan.

BACA JUGA:   Bulan Ramadan, Kapolres Kobar Imbau Personel Tak Kendur Jaga Kamtibmas

Dijelaskan Sapriansyah, tujuan Perumdam Tirta Arut memproduksi Air Minum bentuk kemasan, tiada lain untuk meningkatkan sumber pemasukan melalui PAD. Inilah salah satu perubahan baru bagi Perumdam Tirta Arut.

Dimana pangsa pasar air minum dalam bentuk kemasan di Kobar masih terbuka lebar. Maka peluang pasar inilah yang diharapkan bisa dimanfaatkan oleh perusahaan umum daerah. Selain untuk meningkatkan pemasukan ke daerah juga guna membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Kabupaten Kobar. (Man/beritasampit.co.id).