Kunjungan Lemhannas Jadi Spirit Bagi Pemerintah Daerah

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo meninjau pembangunan kawasan Shrimp Estate di Desa Sei Pasir.

SUKAMARA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo meninjau pembangunan kawasan Shrimp Estate di Desa Sei Pasir, Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, Rabu 15 Juni 2022.

Maksud dari kunjungannya di pembangunan kawasan Shrimp Estate dalam rangka mendampingi Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI melakukan Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) Program Pendidikan Regular Angkatan (PPRA) LXIII, khususnya terkait Shrimp Estate.

“Kami dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mewakili Bapak Gubernur, hari ini mendampingi teman-teman dari Lemhannas RI dalam rangka melihat kegiatan Shrimp Estate yang ada di Kabupaten Sukamara. Kunjungan Lemhannas menjadi spirit bagi pemerintah daerah, dan pemerintah provinsi,” kata Edy Pratowo.

BACA JUGA:   Evaluasi Perkembangan dan Penerapan Demokrasi, Kesbangpol Kalteng Gelar FGD

Edy Pratowo mengungkapkan, Shrimp Estate ini merupakan kegiatan dari muatan lokal/program daerah dalam rangka mendukung program Food Estate di Kalteng yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat atas arahan langsung Presiden RI, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Adanya program Food Estate, akan dicoba masukan muatan lokalnya, melalui kegiatan Shrimp Estate yang ada di Kabupaten Sukamara. Karena ini muatan lokal/program daerah, Gubernur dan semua ingin menjadikan ini sebagai produk unggulan.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upayakan Kepastian Hukum Aset Masyarakat dalam Kawasan Hutan

“Untuk tahun 2022, kita mendukung anggaran sebesar 85 miliar untuk pembangunan 90 kolam budidaya dan infrastruktur lainnya. Tahun ini harus selesai. Diharapkan ini bisa mendorong para nelayan disini untuk bisa mengembangkan tambak vaname dalam skala besar,” pungkasnya.

Edy berharap kedepannya kawasan ini tidak hanya untuk Shrimp Estate, tapi terintegrasi juga nanti dengan ekowisata. Melalui kegiatan shrimp estate juga akan dikembangkan budidaya lainnya. (Hardi/Enn/beritasampit.co.id).