Hari Jadi Pemkot ke 57, Walikota Ajak Masyarakat Pelihara Harmonisasi

IST/BERITA SAMPIT - Suasana upacara HUT Pemkot Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Dalam rangka memperingati hari Jadi Pemerintah Kota Palangka Raya yang ke-57 tahun 2022, jajaran TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di ruang lingkup Pemkot melaksanakan Upaca Bendera Gabungan di Halaman Kantor Walikota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut KM. 5.0, Jumat 17 Juni 2022.

Adapun tema Hari Jadi Pemkot Palangka Raya ke-57 dan Hari Jadi Kota Palangka Raya ke-65 adalah “Bangkit dan Berakhlak Untuk Mewujudkan Palangka Raya Yang Maju, Rukun Dan Sejahtera”.

Dalam sambutanya, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengajak semua masyarakat untuk mencermati, mana hal-hal baik yang perlu ditingkatkan, serta mana hal yang harus direkonstruksi ulang untuk kepentingan bersama.

“Maka, terus pelihara harmonisasi dan saling mengingatkan satu sama lain, agar semuanya mampu menyikapi setiap tantangan dalam pembangunan. Saya berharap, Peringatan Hari Jadi Ke-57 Pemerintah Kota Palangka Raya menjadi titik tolak lahirnya budaya perubahan untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik, yang insya allah akan mengantarkan kita kepada kehidupan yang maju, rukun dan sejahtera,” terang Fairid Naparin.

BACA JUGA:   Usai Melantik, Sekda Kalteng Berpesan Tingkatkan Pelayanan Publik

Dalam kesempatan itu juga orang Nomor satu di Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini juga memberikan informasi terkait penanganan Covid-19 di Indonesia khususnya di Kota Palangka Raya yang saat ini dalam kondisi terkendali.

“Terlepas dari itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dikarenakan muncul varian baru. Puncak gelombang varian ba.4-ba.5 diprediksi tercapai satu bulan setelah penemuan kasus pertama, untuk itu upaya vaksinasi booster terus koita didorong untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh, saya berharap masyarakat tetap waspada dan tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan yang padat kerumunan maupun saat di dalam ruangan,” tuturnya.

Fairid juga menyampaikan capaian prestasi Kota Palangka Raya sebagai kota dengan indeks pembangunan tertinggi se Kalimantan Tengah tahun 2020-2021, Opini Wajar Tanpa Pengecualian ke-6 kalinya atau 6 tahun berturut-turut. Kemudian, Media Center Peringkat 1 Nasional Kategori Foto Kabupaten/Kota tahun 2021, Penghargaan Digital Innovation Award 2022 Oleh MNC Group Melalui Inovasi Daerah Sistem Penataan Parkir (SI TAKIR), Penghargaan BKN Award Tahun 2022 Peringkat Harapan I dalam Tata Kelola Manajemen ASN Sesuai NSPK, Sebagai Cambuk Untuk Terus Berkarya dan Berkontribusi Bagi Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Panggung Seni Budaya, Wujud Nyata Pertahankan Kelestarian Budaya Ditengah Masyarakat

Untuk diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1965 tentang Pembentukan Kotapradja Palangka Raya, tepat pada 57 tahun yang lalu, tepatnya pada 17 juni 1965 dilaksanakan Upacara Peresmian Kotapraja Otonom Palangka Raya di Lapangan Bukit Ngalangkang halaman balaikota pada pukul 08.00 pagi.

Dalam upacara tersebut Tjilik Riwut, Gubernur Kalimantan Tengah yang ditunjuk Menteri Dalam Negeri selaku Penguasa Kotapraja Palangka Raya diserahkan Lambang Kotapraja Palangka Raya sekaligus menyerahkan anak kunci emas seberat 170 gram kepada Presiden Republik Indonesia.

Pada saat upacara itu juga diakhiri dengan pembukaan selubung papan nama Kantor Walikota Kepala Daerah Kotapraja Palangka Raya yang kelak diperingati sebagai Hari Jadi Pemerintah Kota Palangka Raya.

(M.Slh/beritasampit.co.id)