Sekda Katingan Lepas Keberangkatan 46 Jamaah Calon Haji Ke Tanah Suci Mekah 

ANNAS/BERITASAMPIT - Sekda Katingan, Pransang saat melepas keberangkatan Jema'ah Calon Haji, di Masjid Ainul Yaqin Kasongan.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan Pransang, secara resmi melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Katingan, di Masjid Ainul Yaqin Kasongan, Jumat 17 Juni 2022.

Pada tahun 2022 ini sebanyak 46 JCH Katingan yang diberangkatkan ke tanah Suci Mekah untuk menjalankan Rukun Islam yang ke 5. Turut hadir saat pelaksanaan yaitu Ketua MUI Katingan, perwakilan dari Kemenag Katingan, Sejumlah Kepala SOPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama serta tamu undangan lainnya.

“Sebenarnya banyak kaum muslimin dan muslimat yang mau dan mampu untuk pergi menunaikan ibadah haji, akan tetapi karena keterbatasan quota ibadah haji, maka mereka tidak dapat berangkat bersama-sama pada tahun ini,” jelas Sekda Katingan Pransang.

Ia menerangkan, bahwa setelah 2 tahun ibadah haji dilakukan terbatas, dan tahun ini umat muslim diseluruh dunia kembali diperbolehkan melaksanakan rukun islam yang ke 5. Meski demikian, jamaah diwajibkan untuk tetap disiplin protokol kesehatan dan sejumlah aturan yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi mengingat Pandemi Covid-19 belum berakhir.

BACA JUGA:   Siswa SMA Negeri 2 Kasongan Bagikan 200 Paket Takjil untuk Masyarakat

“Perlu di ingatkan kembali pada jemaah bahwa tahun ini kita dihadapkan pada 2 situasi, pertama pandemi belum selesai dan kedua suhu ekstrim yang panas. Sehingga para jemaah diminta tetap menerapkan protokol kesehatan, kemudian terkait dengan suhu ekstrim para jemaah disarankan untuk menghindari paparan panas di luar gedung, selalu menggunakan APD seperti topi, sun block, kacamata hitam sesering mungkin menyemprotkan tubuh dengan cairan yang diberikan kemudian hindari kelelahan yang berlebihan. Silahkan melakukan aktivitas ibadah yang lainnya namun disesuaikan dengan kemampuan,” pungkasnya.

Sekda Katingan Lepas Keberangkatan 46 Jamaah Calon Haji Ke Tanah Suci Mekah

Ketua Panitia, Ahmad Rubama, melaporkan untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kabupaten Katingan masuk dalam kloter ke 6 gelombang 2 untuk embarkasi Banjar Baru yang tergabung bersama Kabupaten Kapuas, Barito Utara, Sukamara, Seruyan, Barito Timur, dan Murung Raya.

“Jumlah Jemaah Calon Haji Katingan yang berangkat adalah sebanyak 46 orang orang terdiri dari laki-laki 23 orang, perempuan 23 orang dan berasal dari Kecamatan Katingan Hilir ada13 dan Kecamatan Katingan Hilir 33 orang. Sehingga totalnya 46 orang,” jelas Ahmad Rubama.

BACA JUGA:   Kasus Pencurian Sarang Burung Walet di Katingan Berakhir Damai

Diterangkan, bahwa untuk usia JCH Katingan tertua atau 56 tahun yaitu atas nama Iskardi Essen Jamran dan Ahmad Mujiyo Saputra asal dari Kecematan Katingan Hilir dan yang termuda berusia 23 tahun atas nama Fadli Ahmad Dubli dari Kecamatan Katingan Tengah. Jemaah berangkat dari katingan Sabtu 18 juni 2022 dan jadwal penerimaan masuk di asrama haji embarkasi Banjar Baru pada tanggal 18 juni 2022 pukul 16.00 Wita.

“Sedangkan jemaah berangkat dari embarkasi Banjar Baru pada hari minggu 19 Juni 2022 pukul 15.50 wita. Jemaah kembali ke tanah air/tiba di Indonesia, Insyaallah sesuai jadwal pada hari senin 1 Agustus 2022 pukul 01.30 wita,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)