Wagub Kalteng: Petugas Haji Harus Optimal Dampingi JCH

Wagub Kalteng Edy Pratowo (tiga dari kiri) saat pelepasan JCH kloter enam di Banjarmasin, Minggu, (19/6/2022). (ANTARA/HO-Pemprov Kalteng)

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menegaskan para petugas haji daerah (PHD) harus optimal menjalankan tugas dan fungsinya mendampingi jamaah calon haji (JCH) saat menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah

“Tak hanya PHD, namun juga petugas kesehatan, hingga petugas pembimbing haji agar mampu melayani serta mendampingi dengan sebaik-baiknya,” katanya dihubungi dari Palangka Raya, Selasa 21 Juni 2022.

Hal ini ia tekankan agar pelaksanaan ibadah haji oleh JCH khususnya dari Kalteng bisa berjalan baik serta tak menemui kendala, sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi haji yang mabrur.

Berdasarkan data dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalteng, pada ibadah haji periode 2022 ini, PHD Kalteng berjumlah empat orang, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dua orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dua orang, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) terdiri dari dokter dan perawat masing-masing dua orang.

BACA JUGA:   Yuas Elko Membuka Gelar Seni Budaya Hari Perempuan Internasional

Lebih lanjut Edy meminta JCH menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk beradaptasi dan membaur dengan situasi dan kondisi yang ada di negara tersebut. Termasuk kesiapan menghadapi kondisi cuaca yang tentu berbeda dengan di Indonesia.

“Suhu udara di Arab Saudi sangat jauh berbeda dengan di Tanah Air, sehingga JCH memiliki keluhan kesehatan diharap segera berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang mendampingi. Dalam hal ini, petugas kesehatan juga diminta responsif,” katanya.

Selanjutnya, dia berpesan agar ibadah haji dilaksanakan dengan penuh kesungguhan sehingga bermuara pada perubahan perilaku dan mental spiritual, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, serta negara.

BACA JUGA:   Kadis Kominfosantik Kalteng Bagikan Bantuan untuk Pasar Murah di Kabupaten Barut

“Hilangkan sikap egois, meremehkan orang lain, mau menang sendiri dan merasa diri paling benar dari orang lain,” tegasnya.

Wagub mengingatkan para jamaah, agar memperoleh predikat haji yang mabrur, hal utama yang harus dilakukan adalah mengawalinya dengan niat yang lurus, yakni niat tulus dan ikhlas semata-mata mengharap ridha Allah SWT, diikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah.

Total jumlah JCH Kalteng yang berangkat pada 2022 ini sebanyak 752 orang, terdiri dari calon haji sebanyak 731 orang, serta PHD dan lainnya.

ANTARA