Bupati Kotim Janjikan 12 Alat Berat Siap Diserahkan

PANEN SAWI : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Bupati Kotim didampingi Ketua TP-PKK panen sawi di kebun hasil pengolahan Dinas Pertanian Kotim.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, kembali menjanjikan sebanyak 12 alat berat (eksavator) akan diserahkan kepada 12 kecamatan. Akan tetapi, kepastiannya masih menunggu distributor pengadaan alat berat.

“Tahun 2021, Pemkab Kotim melalui dinas terkait sudah menyerahkan 3 unit alat berat, pada bulan depan ini kami siap menyerahkan 12 unit untuk 12 kecamatan,” ucap Bupati Kotim Halikinnor kepada wartawan media siber beritasampit.co.id, Sabtu 25 Juni 2022.

Sebelumnya, lanjut Halikin, Pemkab Kotim melalui dinas terkait telah merancang program untuk pengadaan alat berat, kemudian 2021 program tersebut terealisasi sebanyak 3 unit dan sudah diserahkan kepada BPP kecamatan.

BACA JUGA:   Begal Bersajam Ternyata Residivis, Ini Sederet Kasusnya

“Menurut informasi langsung dari distributor pengadaan alat berat, dia menjanjikan Juli 2022 alat berat sebanyak 12 unit sudah datang, sedangkan tanggal kepastian penyerahannya masih ditentukan kemudian,” ujar mantan Sekda Kotim ini.

Program pengadaan alat berat ini, menurut Halikin, upaya Pemkab Kotim membantu memberikan solusi tepat kepada petani untuk pengolahan lahan pertanian supaya tidak lagi menggunakan sistem membakar lahan.

“Saya tidak ingin lagi lahan-lahan semak belukar yang menjadi sumber api, tapi menjadi lahan-lahan produktif yang dulu menjadi musibah menjadi berkah,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Tegaskan PPPK Tidak Boleh Mengajukan Pindah Tempat Tugas

Terkait penggunaan alat berat, Halikin menegaskan bahwa alat tersebut tidak disewakan melainkan digunakan secara gratis. Akan tetapi, ikuti prosedur yang sudah ditentukan Pemkab Kotim melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan.

“Alat berat itu tidak ada sewa untuk PAD, yang penting BBM ditanggung oleh penyewa atau kelompok petani atau yang bersangkutan, apabila untuk desa bisa menggunakan dana desa, silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tandasnya. (ifin/beritasampit.co.id).