Kota Palangka Raya Capai UHC Program JKN-KIS

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan (kanan). (ANTARA/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah telah mencapai cakupan semesta (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan total peserta mencapai 281.230 jiwa.

“Sampai dengan Mei 2022 jumlah peserta JKN-KIS di kota ini telah mencapai 281.230 jiwa atau 95,98 persen warga terlindungi program jaminan kesehatan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan di Palangka Raya, Sabtu 25 Juni 2022.

Dia menambahkan, dalam rangka mencapai cakupan kesehatan semesta (UHC) tersebut, sebelumnya pihaknya telah melakukan upaya bersama dengan seluruh pihak berkepentingan di wilayah Kota Palangka Raya.

Bahkan BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya sebelumnya juga menggelar pertemuan bersama pemerintah setempat untuk membahas strategi dalam mengoptimalkan peningkatan cakupan peserta JKN-KIS.

Kegiatan itu turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, bersama jajaran setempat, seperti Kepala Dinas Kesehatan Andjar Hari Purnomo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Mesliani Tara serta perwakilan dari Dinas Sosial serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

BACA JUGA:   Sampit Sasaran Empuk Peredaran Sabu-Sabu, Pasangan Suami Istri Diduga Jadi Bandar

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan bersama dengan pengawas ketenagakerjaan, sinergi bersama Kejaksaan Negeri melalui Surat Kuasa Khusus (SKK), melakukan rekonsiliasi data kepesertaan serta melakukan sosialisasi kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di “Kota Cantik” itu.

“Meski dalam implementasinya ditemukan adanya kendala, namun karena komitmen dan keyakinan serta upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh pihak terkait, khususnya perangkat daerah cakupan semesta atau UHC di Palangka Raya tercapai,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu menjelaskan bahwa pihaknya senantiasa berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan program JKN-KIS khususnya bagi warga setempat.

BACA JUGA:   Palangka Raya Tingkatkan Pencatatan Kependudukan melalui Nikah Massal

“Kami yakin, setiap tahun itu ada capaian-capaian, ada progres yang lebih baik lagi baik dari sisi sinergitas maupun dari sisi target-target kerja kita,” katanya.

Walaupun demikian, perlindungan kesehatan harus terus menerus didengungkan, Dalam hal ini jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya bersama dengan BPJS Kesehatan akan terus bergandengan tangan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Pasti kita semua menghadapi berbagai permasalahan dan kendala dalam mendorong tujuan sesuai harapan kita adalah UHC. Pemerintah Kota sendiri tetap berkomitmen, hanya saja ada berbagai kendala baik teknis maupun non teknis,” kata Hera.

ANTARA

(Visited 3 times, 1 visits today)