Hari Pertama Masuk Sekolah, Murid Baru SDN 3 Baamang Hilir Diperkenalkan MPLS, Apa Ya MPLS?

APEL PAGI : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Hari pertama masuk sekolah, ratusan murid SDN 3 Baamang Hilir mengikuti apel pagi di halaman sekolah setempat.

SAMPIT – Pada hari pertama masuk sekolah, puluhan murid baru kelas I SDN 3 Baamang Hilir, Kecamatan Baamang, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, tidak langsung masuk ke ruang kelas masing-masing. Alasannya, mereka akan diperkenalkan terlebih dahulu tentang lingkungan sekolah.

“Sebelum masuk ruang kelas masing-masing, khusus murid baru kelas I kami perkenalkan terlebih dahulu mengenai lingkungan sekolah atau disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS),” ucap Kepala SDN 3 Baamang Hilir Sumiyati saat ditemui wartawan media siber beritasampit.co.id diruang kerjanya, Senin 11 Juli 2022.

Sumiyati menjelaskan, MPLS itu ada yang di luar ruangan misalnya, mengenal nama dan wajah guru yang akan mengajar di ruangan kelas, lokasi kelas, yel-yel dan motto sekolah.

BACA JUGA:   Beasiswa Gerbang Mentaya Tuai Kritik Keras dari Kalangan Mahasiswa

Sedangkan MPLS di dalam ruangan, lanjutnya, contohnya memperkenalkan nama sendiri, tempat tinggal dan nama orang tua, jadwal masuk dan pulang sekolah, materi yang akan dipelajari dan jadwal belajar.

“MPLS ini diadakan selama tiga hari terhitung tanggal 11, 12 dan 13 Juli 2022, bahkan orang tua yang mengantar anaknya ke sekolah sebagai murid baru juga diberi waktu selama tiga hari,” tegas Sumiyati merupakan kepala sekolah baru di SDN 3 Baamang Hilir yang dilantik Maret 2022.

BACA JUGA:   Siswa Bagikan Takjil, Kadisdik Kotim: Menanamkan Pendidikan Karakter

Dia menambahkan, pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2022/2023 di SDN 3 Baamang Hilir sebanyak 45 murid.

“Alhamdulillah, jumlah murid baru cukup banyak tahun ini, mereka dibagi dua kelas, rinciannya, satu kelas diisi 22 murid dan satu kelas lagi diisi 23 murid,” ujar Sumiyati.

Mengenai tenaga pendidik/guru yang mengajar di SDN 3 Baamang Hilir, lanjutnya, jumlahnya cukup, bahkan sekolah yang beralamat di depan kantor Kecamatan Baamang ini ada guru baru yakni guru bahasa inggris.

(ifin/beritasampit.co.id)