Dewan Pengawas Diminta Bantu Direktur Benahi PDAM Tirta Bahalap

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Gunung Mas, Yuniwa.

KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Yuniwa meminta kepada Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bahalap untuk membantu Direktur dalam membenahi PDAM yang ada di daerah setempat.

“Dewan Pengawas PDAM Tirta Bahalap harus memaksimalkan tugas dan wewenangnya bersama Direktur yang baru, agar bisa membenahi PDAM supaya kedepannya menjadi sehat dan lebih baik lagi,” tutur Yuniwa belum lama ini.

Legislator dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) inipun mengungkapkan, bahwa sebagaimana regulasi yang ada, Dewas bertugas melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap pengurusan dan pengelolaan PDAM.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

Dijelaskannya, Dewan Pengawas memberikan pertimbangan dan saran kepada kepala daerah, diminta atau tidak guna perbaikan dan pengembangan PDAM, serta menerima, memeriksa ataupun menandatangani laporan triwulan dan tahunan.

“Dewan Pengawas memeriksa dan menyampaikan Rencana Strategis Bisnis dan Rencana Bisnis serta Anggaran Tahunan PDAM yang dibuat Direksi kepada kepala daerah untuk mendapatkan pengesahan,” jelasnya.

Yuniwa menilai ada banyak hal yang harus dibenahi oleh PDAM bersama Dewan Pengawas, diantaranya pendistribusian air ke pelanggan yang masih belum 24 jam, kerongkongan pembayaran air untuk masyarakat, bisnis dan perkantoran sesuai tarif yang sudah ditetapkan, kebocoran pipa PDAM, kualitas air, peningkatan sumber daya manusia pegawai PDAM dan pembenahan lainnya.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

“Dewan Pengawas secara berkala dapat memantau langsung aktivitas di kantor PDAM, dan bersama direktur turun ke lapangan guna melihat keadaan infrastruktur PDAM, dengan begitu Dewan Pengawas akan tahu keadaan PDAM,” tutup Yuniwa. (M.Slh/beritasampit.co.id).