Wacanakan Lomba Senam Pelajar Pancasila Ke Tingkat Kotim

LOMBA SENAM : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Salah satu peserta saat menampilkan gerakan senam pelajar pancasila dalam rangka HUT RI ke 77 di SDN 1 Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Sukses menggelar lomba senam pelajar pancasila baik untuk guru dan murid Sekolah Dasar (SD) di tingkat Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), untuk menyemarakan HUT RI ke 77, rencana ke depan akan diadakan tingkat kabupaten.

“Ini masih rencana, semoga bisa terlaksana, tahun depan kami akan mengadakan lomba senam pelajar pancasila tingkat Kotim, lokasinya di wisata ikon jelawat,” ucap Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Cerdas Membangun Baamang Hasanuddin kepada wartawan media siber Berita Sampit usai lomba senam pelajar pancasila tingkat Baamang di SDN 1 Baamang Barat, Senin 15 Agustus 2022.

BACA JUGA:   357 Siswa MAN Kotim Plus Keterampilan Ikuti Assesmen PTS 2024

Mengenai pesertanya, lanjut Hasanuddin, kemungkinan besar semua sekolah di satuan pendidikan mulai jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK. Sebab, pesertanya tidak hanya guru bahwa siswa.

“Kalau tidak diadakan dalam rangka menyemarakan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, bisa juga nanti pada saat memperingati Hari Guru Nasional, yang pastinya, ini masih rencana,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala SDN 9 Baamang Hilir Syahruni menambahkan, dirinya sepakat apabila lomba senam pelajar pancasila tidak hanya diadakan tingkat kecamatan bahkan kabupaten.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Instruksikan Sekolah Implementasikan Pendidikan Antikorupsi 

“Saya pribadi sepakat senam pelajar pancasila diadakan ke level tinggi yakni tingkat kabupaten, karena senam pelajar pancasila merupakan salah satu bagian dari kurikulum merdeka,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, senam pelajar pancasila itu juga diharuskan untuk tenaga pendidik/guru untuk mempraktikan sebelum diimplementasikan kepada para siswanya di sekolah.

“Kesimpulannya, saya selaku ketua panitia penyelenggara lomba senam pelajar pancasila tingkat Baamang, sangat setuju dengan rencana yang dicanangkan Ketua K3S Cerdas Membangun Baamang ini,” pungkasnya. (ifin)