Diare Mulai Menyerang Masyarakat Puruk Cahu, Dewan Minta Jaga Pola Hidup Bersih

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota Komisi III DPRD Murung Raya, Rabul Yakin Amd, Kep.

PURUK CAHU- Penyakit diare mulai menyerang warga Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya. Meski belum mewabah, namun perlu diwaspadai selama musim kemarau berlangsung.

“Kondisi cuaca seperti ini sangat berpengaruh munculnya kasus diare di masyarakat Puruk Cahu, apalagi terjadi angin kencang dan berdebu sehingga menimbulkan penyakit diare,” kata anggota DPRD Murung Raya, Rabul Yakin, Rabu 31 Agustus 2022.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menuturkan, walaupun yang terkena diare belum banyak namun potensi terjadinya penyakit diare sangat tinggi.

Lebih lanjut dia menerangkan, pola makan dan minum yang kurang higenis akan menjadi pemicu munculnya penyakit diare di Ibu Kota Puruk Cahu.

“Kota Puruk Cahu selalu mengalami kekurangan air bersih saat musim kemarau sehingga keterbatasan air bersih dan sanitasi lingkungan yang kotor karena berdebu juga menjadi pemicu diare,” ujarnya.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Rabul mengimbau masyarakat Kota Puruk Cahu agar menjaga kebersihan lingkungan serta membiasakan diri mengkonsumsi makan yang bersih dan tidak tercemar dengan debu.

“Khusus untuk anak-anak agar membiasakan mencuci tangan sebelum makan sehingga bisa terhindar dari penyakit diare,”pungkasnya. (Lulus).