Rakor TPAKD Barsel dan Pengukuhan Resmi Dilaksanakan, Ini Harapan ke Depan

DEDDY/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana foto bersama dengan Kepala OJK Provinsi Kalteng Otto Fitriandy (delapan dari kiri) bersama seluruh peserta Rakor TPAKD Kabupaten Barsel.

BUNTOK – Penjabat Bupati (Pj) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Lisda Arriyana hadiri pada acara Pengukuhan dan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Barsel, Senin 5 September 2022 di aula kantor Bupati setempat.

Acara pengukuhan TPAKD Kabupaten Barsel juga disaksikan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalteng serta pihak perbankan seperti BNI, Bank Kalteng dan Bank BRI.

Dengan telah dikukuhkannya TPAKD Kabupaten Barsel, tentunya diharapkan segala akses keuangan kedepannya bisa bersinergi serta layanan-layanan ekonomi lainnya bisa terlaksana dengan baik pula.

“Selamat menjalankan tugas kepada TPAKD Kabupaten Barsel yang telah dikukuhkan pada hari ini dan tentunya kita semua berharap segala akses keuangan yang ada di Kabupaten yang kita cintai bersama ini kedepannya bisa bersinergi serta layanan-layanan ekonomi lainnya bisa terlaksana dengan baik pula,” kata Lisda Arriyana.

DEDDY/BERITA SAMPIT – Kepala OJK Provinsi Kalteng Otto Fitriandy saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalteng Otto Fitriandy mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) Barsel karena dengan dikukuhkannya TPAKD di daerah ini yang melengkapi seluruh TPAKD yang sudah ada di Provinsi dan di Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Kalteng.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Adapun manfaat pembentukan TPAKD ini, yang pertama diharapkan terbukanya akses keuangan terutama bagi para pelaku usaha UMKM karena pasca pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir ini.

“Dimana kita mengharapkan akselerasi pemulihan ekonomi dan pemberdayaan UMKM tentunya banyak ditemukan permasalahan pada kendala permodalan sehingga hal ini yang harus menjadi solusi bersama menjadi rekomendasi program TPAKD bagaimana akses pelaku usaha UMKM makin terbuka,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Lebih lanjut Kepala OJK Provinsi Kalteng ini menambahkan, dengan adanya TPAKD ini tentunya juga akan menjadi media sinergi antara Pemda dengan lembaga jasa keuangan terutama dalam melakukan edukasi dan literasi keuangan agar masyarakat di Kabupaten Barsel tidak terjebak dari investasi ilegal ataupun pinjaman online ilegal.

“Untuk pinjaman keuangan, pastinya dari lembaga jasa keuangan hanya nanti programnya seperti apa misalnya akan ada subsidi bunga dari pemda nah itu nanti di rekomendasikan dalam program TPAKD yang sedang dibahas dalam rakor ini,” pungkas Otto Fitriandy.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekda Barsel Edy Purwanto, seluruh Kepala SOPD, Kepala Kemenag Barsel, Direktur PDAM Tirta Barito, Ketua STIE DD Buntok, BPJS Buntok, Bank Kalteng Buntok, BI dan Bank Mandiri Buntok. (ded).