BLT BBM di Kotim Mulai Disalurkan kepada 17.587 KPM

(ANTARA) Bupati Halikinnor menyerahkan perdana BLT BBM dan BPNT kepada salah seorang penerima di Sampit, Jumat, (9/9/2022). ANTARA/Norjani

SAMPIT – Pemerintah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) kepada 17.587 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

“Saya harap ini betul-betul dimanfaatkan sesuai dengan tujuan pemerintah yaitu mengutamakan untuk sembako dan keperluan bahan bakar minyak. Jangan untuk membeli barang lain, apalagi untuk rokok,” kata Bupati Halikinnor di Sampit, Jumat 9 September 2022.

Halikinnor bersama Wakil Bupati Irawati, Pj Sekda Kotim Fajrurrahman dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Siyono hadir saat pembukaan penyaluran BLT BBM dan BPNT di kantor Pos Indonesia Cabang Sampit.

Berdasarkan data, di Kotawaringin Timur terdapat 17.587 KPM dengan nilai Rp10 miliar lebih yang tersebar di 17 kecamatan. Penyalurannya dilakukan sebanyak dua tahap.

Untuk penyaluran tahap pertama ini, mereka menerima bantuan total Rp500.000. Jumlah sebesar itu terdiri dari BLT BBM untuk September dan Oktober dengan total Rp300.000, ditambah BPNT September Rp200.000.

BACA JUGA:   Lurah Baamang Hulu: Belum Ditemukan Pungli Saat Sidak SPBU KM 8, Pengelola Parkir Harus Ditinjau Kembali

Menurut Halikinnor, situasi yang berat saat ini membuat pemerintah dengan sangat terpaksa menaikkan harga BBM. Kebijakan ini pasti berdampak pada harga-harga bahan pokok karena begitu BBM naik maka semua sektor yang berkaitan dengan energi akan terimbas dan mengalami kenaikan.

“Ini diyakini sangat bermanfaat, asal digunakan sesuai dengan tujuannya. Insya Allah dengan dana itu bisa untuk bertahan, di samping mereka juga tentunya tetap punya pekerjaan untuk menambah penghasilan walaupun mereka warga kurang mampu,” ujar Halikinnor.

Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Sampit Mahyudha Fatchul Yaqien menjelaskan, hari ini pelayanan pencairan BLT BBM di Kotawaringin Timur dilakukan di delapan titik, di antaranya di kantor Pos Cabang Sampit, kantor Desa Natai Baru, Pondok Damar, Kantor Pos Kota Besi, Kantor Pos Parenggean dan lainnya.

BACA JUGA:   Polsek KPM Kawal Keberangkatan dan Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Sampit

Khusus di Kantor Pos Cabang Sampit, pelayanan hari ini untuk 1.443 KPM dari Kecamatan Baamang, Desa Ganepo Kecamatan Seranau dan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Penyaluran di 17 kecamatan akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Target yang diminta Kemensos itu kami menyelesaikan ini dalam 10 hari terhitung dari hari ini. Kami juga berharap dengan waktu yang tidak banyak ini, kami perlu dukungan dari pemerintah daerah supaya penyaluran ini bisa dapat sasaran dan tepat waktu,” demikian Mahyudha.

Sementara itu Asiah, salah seorang warga mengaku senang dan sangat berterima kasih atas BLT ini. Bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi warga kurang mampu seperti dirinya dan warga lainnya.

“Sekarang kan banyak harga kebutuhan pokok naik, apalagi setelah harga BBM juga naik. Bantuan ini sangat bermanfaat. Kami sangat terbantu. Terima kasih pemerintah,” demikian Asiah.

(ANTARA)