Polsek KPM Kawal Keberangkatan dan Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Sampit

KAWAL : JIMMY/BERITASAMPIT - Personel Polsek KPM saat mengawal para penumpang yang turun dari kapal di Pelabuhan Sampit.

SAMPIT – Personel Polsek Kawasan Pelabuhan Mentaya (KPM), mengawal keberangkatan penumpang kapal dan kedatangan di Pelabuhan Sampit.

Penjagaan itu bertujuan untuk menertibkan para pemudik yang berebut keluar dan masuk dari ruang tunggu menuju kapal atau sebaliknya.

Terlihat personel Polsek KPM yang sigap mengamankan barang yang dapat membahayakan penumpang seperti parang dan lainnya.

Kapolsek KPM Ipda Agus Setiawan mengungkapkan, saat ini pihaknya juga mendapatkan dukungan personil dari Polsek ketika di Pelabuhan Sampit ada jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal.

“Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di Pelabuhan Sampit,” ucap Agus, Rabu 20 Maret 2024.

Polisi yang akrab disapa Agus itu membeberkan bahwa semakin mendekati lebaran diprediksi penumpang akan semakin melonjak.

BACA JUGA:   Sekretaris KPU Kotim: Satu Bulan Keterlambatan Gaji PPS Masalah Administrasi

Untuk diketahui nantinya ketika H-7 kepolisian bersama instansi lainnya akan mendirikan pos pengamanan di sekitar pelabuhan Sampit.

“Kalau untuk saat ini memang ada peningkatan penumpang tapi masih belum signifikan,” kata Agus.

Ia menegaskan hingga saat ini belum pernah terjadi tindak kejahatan di wilayah hukum Polsek KPM.

Berdasarkan penjelasan Agus, saat ini sudah tidak ada lagi penebangan pohon ilegal atau tambang ilegal yang lewat di sekitar pelabuhan Sampit.

Hal tersebut menurut Agus menjadi alasan di wilayah hukum Polsek KPM tidak terjadi tindak pidana.

Meski begitu Agus menegaskan, pihaknya akan selalu siaga untuk berpatroli dan berkoordinasi dengan instansi terkait guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:   Sebanyak 838 PPPK Kotim Resmi Dilantik

“Misalnya kami mengamankan sajam yang dibawa penumpang dan baru boleh di ambil saat turun nanti, itu dilakukan untuk meminimalisir kondisi yang bisa membahayakan penumpang,” ucapnya.

Lebih lanjut Agus mengimbau para pemudik dapat memperhatikan barang bawaannya agar tidak menimbulkan niat jahat dari penumpang lain.

“Sejauh ini memang belum ada pemudik yang jadi korban kejahatan apapun, tapi kami akan selalu berjaga di pelabuhan agar tidak ada aksi kejahatan yang dapat mengganggu proses hilir mudik di pelabuhan Sampit,” tukas Kapolsek KPM. (Jimmy)