Perlu Sinergitas untuk Terciptanya Hilirisasi Investasi Strategis

IST/BERITA SAMPIT - Suasana kegiatan pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis Sektor Perkebunan Tahun Anggaran 2022.

PALANGKA RAYA – Kementerian Investasi/BKPM bekerja sama dengan KSO Sucofindo-Indef-Amythas melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis Sektor Perkebunan Tahun Anggaran 2022.

Rakorda ini adalah penyampaian rencana penyusunan peta jalan (roadmap) Hilirisasi Investasi Strategis Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Tahun Anggaran 2022 kepada Pemerintah Daerah, Asosiasi dan Pelaku Usaha Daerah dan juga dalam rangka memperoleh data dan informasi terkait perkembangan industri hilir yang mana hal tersebut telah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi.

Kalimantan Tengah, zona 1 Wilayah Barat (meliputi Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, dan Seruyan) merupakan zona yang memiliki potensi dan peluang yang dominan untuk pengembangan hilirisasi investasi strategis sektor perkebunan, terutama Pabrik turunan karet/ban dan pabrik turunan kelapa dalam yang secara turun temurun sudah dimiliki nenek moyang di Kalteng.

BACA JUGA:   PPKHI Kalteng Turut Menyoroti Kasus Dugaan Malapraktik, Sebutkan Hukuman Terberat Hingga Siap Bantu Korban

Demikian sambutan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang wakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalteng Sutoyo, pada kegiatan yang berlangsung di Seruyan Grand Ballroom M Bahalap Hotel Kota Palangka Raya, Kamis 8 September 2022.

Untuk itu, lanjut Sutoyo, perlu adanya sinergi yang baik oleh semua pihak supaya terciptanya hilirisasi investasi yang strategis.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Rakorda Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi di Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itu dalam kesempatan ini diharapkan adanya sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Asosisasi, dan Pelaku Usaha Daerah sebagai dasar dan acuan pelakasanan proyek hilirisasi investasi yang strategis yang tidak mengesampingkan lingkungannya,” katanya.

BACA JUGA:   Sekretaris Partai Demokrat Kalteng Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Walikota

Untuk mendukung kegiatan tersebut Sutoyo juga mengharapkan supaya Dinas/Badan terkait dapat memberikan masukan, data-data atau informasi yang berguna bagi Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis Tahun Anggaran 2022.

Demikian pula, Asosiasi dan Pelaku Usaha Daerah dapat memberikan informasi dan data-data yang detail terkait perkembangan industri hilir sehingga pada akhirnya tersusun Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis di Kalimantan Tengah sebagai dasar dan acuan pelaksanaan proyek hilirisasi investasi yang strategis ke depan. (rahul)