Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Kalapas Sampit Ajak Warga Binaan Setiap Senin Upacara Bendera

IST / BERITA SAMPIT - Kepala Lapas Kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto memimpin apel Senin 12 September 2022.

SAMPIT – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto mengajak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air, itu ditegaskannya saat apel bendera, yang diikuti ratusan WBP di halaman kantor lapas Senin 12 September 2022.

Agung mengatakan bahwasanya kegiatan apel bendera ini dilaksanakan rutin setiap Senin, namun dikarenakan banyaknya jumlah WBP yang tidak sebanding dengan luasnya tempat apel bendera maka kegiatan ini dilakukan secara bergantian antar blok secara terjadwal dan dilaksanakan rutin setiap Senin.

“Adapun yang bertindak selaku pembina apel adalah para pejabat struktural dengan komandan apel adalah kepala regu pengamanan dan petugas upacaranya adalah para WBP yang ditunjuk secara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditentukan,” tuturnya

BACA JUGA:   Halikinnor Sebut Harati Jilid II Belum Tentu Maju Pilkada 2024

Menurut Agung bahwasanya tujuan diselenggarakannya kegiatan apel bendera untuk WBP sebagai wujud program pembinaan kepribadian dalam bentuk pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara sekaligus meningkatkan kecintaan serta nasionalisme para WBP.

“Nasionalisme dan cinta tanah air harus ditanamkan dan dimiliki terus oleh seluruh warga negara Indonesia tak terkecuali oleh para WBP. Untuk itulah Lapas Sampit yang memiliki tugas pokok melaksanakan Pemasyarakatan yang berfungsi melakukan pembinaan ikut berperan aktif dalam membina para WBP untuk selalu meningkatkan rasa nasionalismenya” ucapnya

BACA JUGA:   Tokoh Muda ini Siap Bertarung di Pilkada Kotim

Agung juga menyampaikan bahwa keaktifan para WBP dalam mengikuti kegiatan apel bendera ini juga merupakan salah satu instrumen penilaian dalam Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana yang merupakan salah satu syarat para WBP memperoleh haknya seperti remisi, integrasi maupun pembinaan lanjutan lainnya

Kegiatan apel bendera ini berlangsung dengan khidmat dan para WBP sangat antusias mengikutinya. Kegiatan ini juga diharapkan memberikan manfaat bagi para WBP baik selama menjalani pidana maupun kelak setelah bebas.

“Dengan ini harapannya agar menjadi warga negara yang memiliki semangat juang dan rasa nasionalisme,” pungkas Kalapas.(naco)