HUT Ke-77 TNI, Sekda Katingan dan Pabung Kodim 1015 Sampit Lakukan Penghijauan

ANNAS/BERITASAMPIT - Sekda Katingan Prangsang saat menanam bibit pohon bersama TNI, Ketua DPRD Katingan dan Kapolres Katingan di pinggir jalan Kota Kasongan.

KASONGAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan Pransang, mengucapkan terimkasih kepada Perwira Penghubung Komando Distrik Militer (Pabung Kodim) 1015 Sampit di Kasongan melaksanakan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon di sepanjang jalan Kota Kasongan dan sekitarnya.

Penanaman sejuta pohon ini adalah dilaksanakan serentak oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI, khususnya di Kasongan dilaksanakan di halaman kantor Kodim 1015 Sampit di Kasongan, Kamis 29 September 2022.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan Marwan Susanto, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bahkti Wibowo, Pabung Kodim 1015 Sampit di Kasongan Mayor Chk Suriyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Katingan Hap Baperdo, serta undangan lainnya.

“Kita sudah lama tidak melaksanakan kegiatan seperti ini walaupun Kabupaten Katingan sebagai kota hijau. Kami ucapkan terimakasih kepada TNI yang sudah melakukan kegiatan penanaman pohon,” jelas Pransang.

BACA JUGA:   Kades Tarusan Danum Sebut Aksi Demo yang Dilakukan Warga Hanya Lawan Politik

Fungsi penghijauan ini menurutnya agar udara bersih dan tetap sejuk. Selain itu bermanfaat untuk penyerapan air, menata keindahan kota serta hal lainnya. Sehingga kondisi kota hijau ini bisa dipertahankan sebagai salah satu paru-paru dunia.

Diungkapkan bahwa Kabupaten Katingan ini dibangun dari tengah hutan, sehingga hutan-hutan yang ada harus dipelihara, dikelola seperti  bermanfaat sebagai tempat wisata alam bagi masyarakat.

“Salah satu contoh bagian penghijauan adalah pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di halaman kantor Bupati Katingan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Katingan. Disana pohon-pohon asli dari hutan, lalu dilakukan reboisasi kembali penanaman pohon di sela-sela lokasi yang kosong,” pungkanya.

BACA JUGA:   Puya-Puya FC Raih Juara III Turnamen Mini Soccer usai Kalahkan Satpol PP A TC 

Pabung Kodim 1015/Sampit di Kasongan, Mayor Chk Suriyanto, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah serta pihak lainnya turut serta mendukung terlaksananya kegiatan dalam rangka HUT ke-77 TNI khususnya Kabupaten Katingan.

Lanjutnya, berbagai tanaman pohon ini dibagikan dan diupayakan setiap Kodim menanam 1000 pohon yang nantinya di bagi-bagi masing-masing Koramil khusus Kabupaten Katingan.

“Hari ini ada sebanyak 300 pohon yang ditanam dengan jenis trembesi, mahoni dan lainnya. Hal ini kegunaannya untuk penghijauan sebagai meresap air dan sebagainya. Kita harapkan ini dapat memberikan suatu manfaat pada masa yang akan datang,” pungkasnya.

(annas)

(Visited 72 times, 1 visits today)