Anggota DPRD Gunung Mas Saat Sidang Adat Mengakui Wanita Hamil Lima Bulan Selingkuhannya

IST/BERITASAMPIT - Tampak membesar perut ES, kekasih gelap oknum Anggota DPRD Gunung Mas berinisial ON. ON sendiri memiliki istri sah dengan dua anak. Sementara ES selingkuhannya berstatus janda satu anak.

PALANGKA RAYA – Damang Kepala Adat Kecamatan Manuhing Awaljantriadi mengaku geram dengan sikap oknum Anggota DPRD Gunung Mas. Ia menilai, oknum berinisial ON tersebut tak memiliki itikad yang baik dalam mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Pasalnya, putusan Damang Kepala Adat dengan Nomor 018/KDKA/DKA-KM/IX/2022 tertanggal 19 September 2022 memutuskan denda adat yang harus dibayar oleh ON dalam waktu 3 kali 7 hari. Namun hingga hari ke-17 pada Rabu 5 Oktober 2022 belum juga dibayarkan oleh tergugat.

Dalam keterangan tergugat ON yang disampaikan pada tanggal 8 September 2022, dalam persidangan adat ia mengakui perbuatannya atas dasar suka sama suka.

BACA JUGA:   Polisi Selidiki Penemuan Mayat Bayi Mengapung di Sungai Mentaya

“Tergugat ON mengakui benar ada hubungan yang terjalin dengan penggugat ES, atas dasar suka sama suka,” jelas Damang, mengutip putusan Damang.

Ditanya tanggapan Damang terkait keterangan tergugat ON, dengan menyatakan sanggup membayar denda adat yang dikenakan kepadanya apabila penggugat membuat surat pernyataan secara pribadi tidak menuntut secara hukum perdata maupun pidana di kemudian hari.

Menurut Damang, keterangan tersebut yang membuat kedua belah pihak tidak mendapatkan kesepakatan. “Nah yang itulah membuat kedua belah pihak tidak ada kesepakatan waktu dimediasi adat dan Mantir sudah putuskan,” jelas Damang.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

Saat disingung kepada Damang bagaimana tergugat mengaku bertanggungjawab tapi dalam keterangannya menekan penggugat. Dimana lazimnya dalam surat pernyataan selalu diakhiri dengan kalimat, ”demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak manapun” . “Ya, karena merasa dirinya punya jabatan,” jawab Damang dengan singkat. (tim).