SMKN 1 Sampit Laksanakan Uji Praktik Kejuruan Setiap Semester

SAMPIT – SMK Negeri 1 Sampit menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesionalisme dengan uji praktik kejuruan setiap semester.

“Setiap semester diadakan ujian praktik kejuruan, diikuti setiap jenjang kelas yang dulunya hanya kelas XII saja,” kata Kepala SMKN 1 Sampit Lismayani, Jumat 7 Oktober 2022.

Lisma mengatakan sama dengan teori, juga rutin setiap semester ada ujian praktik kejuruan nantinya semester ini pada bulan Oktober 2022. Siswa diuji pemahamannya sampai dimana dan akan mendapat sertifikat,

BACA JUGA:   Siswa Bagikan Takjil, Kadisdik Kotim: Menanamkan Pendidikan Karakter

“Kegiatan tersebut cukup memakan dana, namun sekolah mengakomodir hal tersebut,” ujarnya.

Ia menyampaikan SMKN 1 Sampit memiliki enam jurusan antara lain Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Perbankan dan Keuangan Mikro, Bisnis Daring dan Pemasaran, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Multimedia, dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

“SMKN 1 Sampit memiliki sekitar 1217 siswa dan jurusan peminat terbanyak adalah OTKP dan Multimedia, kami terus berusaha mendidik mereka dengan baik,” imbuhnya.

Dirinya berharap dengan uji praktik kejuruan tersebut SMKN 1 Sampit dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan bersertifikasi, mampu berkarya sesuai tuntunan dunia kerja, mampu mengembangkan sikap professional, beradaptasi di lingkungan kerja, gigih dalam berkompetisi, disiplin, ulet dan jujur.

BACA JUGA:   SMP Negeri 1 Sampit Kembangkan Program Literasi, Libatkan Orang Tua Siswa Secara Aktif

Lismayani melanjutkan untuk kegiatan pagi sebelum pelajaran biasanya siswa diberikan imbauan baik tata tertib dan hal lain agar tetap tertanam kedisiplinan dalam diri siswa

“Juga pada Jumat selain senam, sesekali dilaksanakan kerja bakti dilingkungan sekolah untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, bersih, hijau, indah dan teduh,” pungkasnya. (Nardi)