Disdikbud Gelar FTBI Bersamaan Dengan Sukamara Ekspo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukamara M Yunus

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukamara akan menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang dilakukan bersamaan dengan Sukamara Ekspo 2022 di Taman Permata Sukma.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukamara M Yunus mengatakan bahwa FTBI tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada 16 dan 17 Oktober 2022.

“Kegiatan ini merupakan upaya melaksanakan revitalisasi Bahasa Melayu Dialek Kotawaringin,” kata M Yunus, Selasa 11 Oktober 2022.

M Yunus menerangkan jika pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah dialek kotawaringin dalam bentuk FTBI tingkat kabupaten baru pertama dilakukan pihaknya masih membatasi jumlah peserta FTBI ini karena keterbatasan anggaran yang tersedia.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upayakan Kepastian Hukum Aset Masyarakat dalam Kawasan Hutan

“Sehingga kami dibatasi hanya untuk sekolah yang akan dijadikan percontohan,” ucap M Yunus.

Karena masih terbatas pada anggaran 2022 dan sebagai tahap awal maka untuk kegiatan FTBI tingkat kabupaten Dinas Dikbud Sukamara hanya melibatkan 29 sekolah sebagai sampling yakni SD serta SMP termasuk sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka.

“Jadi sebanyak 29 sekolah yang dilibatkan dalam kegiatan FTBI ini terdiri dari tingkat SD dan SMP dengan jumlah peserta sebanyak 120 orang,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Buka Musrenbang RKPD

Adapun jenis atau katagori lomba yang dipertandingkan dalam FTBI tingkat kabupaten adalah lomba seloka, lomba mendongeng berbahasa daerah Melayu Kotawaringin, lomba membaca puisi berbahasa daerah Melayu Kotawaringin

Juga lomba pidato berbahasa daerah Melayu Kotawaringin dan lomba pantun berbahasa daerah Melayu Kotawaringin, untuk lomba semua bagi tingkat SD dan SMP. (enn).