Siswa SMKN 4 Sampit Paling Banyak Minat Jurusan Tanaman Perkebunan

NARDI/BERITA SAMPIT- Lingkungan SMK Negeri 4 Sampit.

SAMPIT – SMK Negeri 4 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki lima jurusan yaitu Tanaman Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Agri Bisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Perhotelan, dan Usaha Layanan Wisata.

Kepala SMKN 4 Sampit, Waluyo mengatakan jurusan dengan siswa terbanyak yaitu Tanaman Perkebunan kelas X, XI, dan XII masing-masing dua ruang, perhotelan kelas X, XI dua ruang dan kelas XII satu ruang, jurusan lain hanya satu ruang per tingkatan kelas.

“Dulu saat masih bernama SMK Pendidikan Pertanian hanya ada dua jurusan yaitu Tanaman Perkebunan, Agri Bisnis dan Holtikultura, dan kebanyakan alumni bekerja di industri perkebunan kelapa sawit,” jelasnya, Selasa 11 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Pangan Murah di Kotim, Komoditi yang di Jual Hasil Produksi Petani

Waluyo juga menyampaikan mengenai kegiatan praktik atau magang dilaksanakan selama lima bulan, tahun ini siswa melaksanakan magang di kelas XI, namun dalam Kurikulum Merdeka yang sudah diterapkan untuk kelas X maka praktik magang dilaksanakan disaat mereka kelas XII nantinya.

“Jadi tahun depan tidak ada yang magang karena perubahan kurikulum, magang harus kelas XII,” ujar kepala sekolah yang memiliki sekitar 577 siswa.

BACA JUGA:   Dewan Kotim Sarankan Simpang Sebabi Menjadi Kelurahan

Magang dilaksanakan semester ganjil, dan siswa ditempatkan sesuai dengan jurusan mereka, seperti di perusahan perkebunan sawit, hotel-hotel, pelabuhan, agen travel, agen kapal laut, imigrasi, bandara, pabrik-pabrik pengolahan bahan makanan, kelompok tani dan lainnya.

Waluyo berharap lulusan SMKN 4 Sampit dapat menjadi tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan jurusan siswanya, mampu bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh, tak menutup kemungkinan juga untuk dapat membuka bisnis sendiri nantinya. (Nardi).