Usaha Kafe Perlu Dikendalikan Oleh Pemda

Hardi/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Duwel Rawing menyampaikan, usaha kafe ini perlu dikendalikan oleh Pemda khususnya Kota Palangka Raya agar dapat berjalan sebagaimana mestinya serta bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Pada dasarnya usaha itu memang memiliki dampak positif dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat pelaku usaha dan juga daerah, tapi juga perlu harus dikendalikan pemda supaya bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat lainnya sebagai pengunjung,” katanya melalui rilis yang diterima pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Ia menjelaskan, pengendalian tersebut yaitu dari segi jumlah maupun pengelolaannya, sebab tempat hiburan harus mendidik dan tidak melakukan hal-hal terlarang. Oleh karenanya, hal itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Pemda khususnya Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

Selain sebagai tempat usaha ada sebagian masyarakat yang memandang kafe sebagai tempat atau sarana hiburan. Oleh sebab itu, dengan adanya pengendalian yang dilakukan maka akan lebih memudahkan pemerintah dalam mengatur tempat usaha tersebut.

“Memang tempat hiburan itu perlu, karena masyarakat juga membutuhkan hiburan atau rekreasi. Tapi juga perlu dikendalikan atau perlu diatur supaya keberadaannya tidak melanggar tata krama, kesopanan maupun aturan yang berlaku di masyarakat, yang artinya harus bisa memberikan dampak positif,” lugasnya.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

Duwel Rawing mengatakan, dalam mendirikan tempat usaha seperti halnya kafe memang tidak ada pembatasan. Akan tetapi dengan adanya pengendalian dari pemda diharapkan dapat tercipta iklim bisnis yang sehat khususnya pada usaha kafe.

“Karena terlalu banyak berdiri usaha kafe ini juga tidak bagus, itu malah nantinya bisa menimbulkan persaingan yang tidak sehat, yang justru bisa merambah ke hal negatif-negatif lainnya. Inilah mengapa perlu dikendalikan, memang membuka usaha itu tidak bisa dibatasi, tapi kita juga harus melihat sisi positifnya dengan pengendalian yang dilakukan,” tandasnya. (Hardi).