Tim Penerangan Latih Kemampuan Publik Speaking Remaja Petuk Katimpun

IST/BERITA SAMPIT - Tim Penerangan saat memberi edukasi kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking kepada remaja bantaran sungai Rungan Kelurahan Petuk Katimpun.

PALANGKA RAYA – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 Kodim 1016 Palangka Raya melalui Tim Penerangan memberi edukasi kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking kepada remaja bantaran sungai Rungan Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangka Raya, Sabtu 15 Oktober 2022.

Terkait hal itu, personel TMMD bagian Peliputan Penerangan Kodim 1016 Palangka Raya Praka Ngudi Setiyanto mengatakan, ia mengajarkan berbagai ilmu dari public speaking untuk membekali mereka dalam menghadapi tantangan masa depan.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

“Kemampuan berbicara di depan banyak orang menjadikan lebih percaya diri dalam menjalani suatu kegiatan dan juga menghadapi berbagai masalah,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bagi sebagian orang, bisa berbicara di depan umum menjadi suatu hal yang menakutkan. Hal itu bisa terjadi kepada siapapun, baik yang masih bersekolah, kuliah, ataupun yang sudah bekerja dan berkeluarga.

“Perasaan takut dan rasa nervous sering kali muncul ketika sudah melihat ada banyak sekali orang yang telah siap untuk memperhatikan. Padahal, public speaking sangat penting dan diperlukan oleh semua orang dalam berbagai aspek kehidupan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Komunitas Dayak Bajuju Kalteng Lakukan Aksi Damai Tolak Hak Angket

Para remaja tersebut diberikan pengetahuan dasar teknik public speaking, seperti mengatasi gugup atau grogi, teknik pernapasan, teknik vokal, penyampaian atau penguasaan materi dan mengendalikan peserta (audiens).

“Karena itu melalui kegiatan non fisik TMMD ini kami ingin membekali para generasi penerus Kelurahan Petuk Katimpun akan bisa berlatih dan meningkatkan kemampuan bicara di hadapan publik,” tandasnya. (Hardi).