Harga Elpiji Bersubsidi di Murung Raya Tembus Rp45.000

LULUS/BERITA SAMPIT- Kepala Disperindagkop Mura Suria Siri bersama Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana saat pengecekan harga sembako dan elpiji.

PURUK CAHU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi UKM (Disperindagkop) Kabupaten Murung Raya bersama Polres setempat melakukan operasi pasar dalam rangka upaya pemerintah menekan laju inflasi usai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Dalam operasi tersebut ditemukan beberapa harga komuditi yang mengalami kenaikan, salah satu seperti harga gas elpiji bersubsidi yakni tabung 3 kilogram di tingkat pengecer di Kabupaten Murung Raya naik tinggi, bahkan ada yang mencapai Rp45.000.

“Tim melaksanakan operasi pasar dengan mendatangi penjual sembako dan pangkalan serta eceran elpiji di seputaran Kota Puruk Cahu,” kata Kepala Disperindagkop Murung Raya Suria Siri, Selasa 18 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Selain itu, tim juga melakukan pengecekan ke salah satu toko sembako yang ada di Pasar Pelita Jalan Merdeka Hilir Kota Puruk Cahu guna mengetahui perkembangan harga sembako saat ini.

Dari hasil pengecekan tersebut, untuk harga gas elpiji 3 kg masih di atas harga eceran tertinggi (HET). Harga dari tingkat agen ditetapkan Rp21.000, dari pangkalan dengan harga Rp30.000, sedangkan di tingkat pengecer dijual seharga Rp45.000.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Untuk harga sembako mengalami kenaikan maupun fluktuasi di beberapa jenis namun tidak terlalu signifikan dan masih dalam batas wajar sehingga tidak mengganggu daya beli masyarakat, sedangkan untuk ketersediaan bahan Pokok masih mencukupi dan sampai saat ini belum ada kelangkaan,”terang Suria Siri.

Suria Siri menjelaskan pengecekan harga sembako ke pasar merupakan salah satu agenda yang selalu pihaknya lakukan, apalagi pasca kenaikan harga BBM. Selain itu juga pengecekan juga dilakukan setiap jelang hari raya keagamaan, baik itu Idul Fitri dan Natal.(Lulus)