Pendidikan Sebagai Perangkat Penting Dalam Membentuk Insan Indonesia

IST/BERITA SAMPIT- Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor saat memimpin upacara HUT ke 40 SMA 1 Puruk Cahu.

PURUK CAHU- Pendidikan didudukkan sebagai salah satu perangkat yang penting dalam membentuk insan Indonesia. apalagi, dalam proses ini berlangsung pula gerak saling mempengaruhi di bidang karakter dan nilai, antara Bangsa yang satu dengan yang lainnya.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor saat menghadiri acara perayaan Hari Ulang Tahun Ke-40 SMA Negeri 1 Puruk Cahu dan sekaligus penutup Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) SMA, MA, SMK Se-Kabupaten Murung Raya, belum lama ini, Selasa 25 Oktober 2022.

“Hakikat pendidikan sesungguhnya adalah mendidik hati dan pikiran kita, yang harus kita tanamkan sejak dini dalam hati sanubari serta pikiran anak-anak kita untuk menjadi manusia yang utuh jasmani dan rohani, lahir dan batin, hati dan pikirannya,” ungkap Rejikinoor.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Maka, lanjut Rejikinoor, disinilah peran penting sekolah, yang digadang- gadang untuk menghasilkan generasi yang berilmu dan berkemampuan untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan, serta berbudi pekerti dan inovatif untuk menghasilkan kemajuan bagi Bangsa.

“Sekolah sebagai lembaga pendidikan dan wahana untuk membentuk sumber daya manusia berintelektual dan berkarakter, juga berperan sebagai Kawah Candradimuka yang menggodok kemampuan para siswanya,” bebernya lagi.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Orang nomor dua di Murung Raya itu juga berpesan kepada para siswa/siswi agar menghindari hal-hal yang bersifat negatif yang akan membawa dampak buruk bagi kalian seperti pergaulan bebas, tawuran, penyalahgunaan minuman keras dan obat-obatan terlarang.

“Kami juga berharap para siswa SMA se-Kabupaten Murung memiliki prestasi tinggi dan dengan semangat Sang pemenang, bentuklah pribadi yang berkarakter pelajar Pancasila mampu bertahan dalam persaingan secara global pada level lokal, Nasional, maupun Internasional,” pungkasnya.(Lulus).