Bupati Gunung Mas Siap Bantu Budidaya Tanaman Obat di Damang Batu

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat meninjau tanaman obat di stan Kecamatan Damang Baru.

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengaku akan membantu pembudidayaan tanaman obat khas Dayak di Kecamatan Damang Batu, seperti akar iru, daun songkai, daun sambung maut dan lainnya.

Hal itu tersebut disampaikan orang nomor satu lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini saat meninjau stand Kecamatan Damang Batu di Expo Festival Tuah Mahasur, Kamis 27 Oktober 2022.

“Saya akan membantu mereka untuk membudidayakan tanaman obat khas Dayak ini, termasuk modal dan tanahnya akan saya bantu. Rencananya di Kecamatan Damang Batu akan saya kembangkan budidaya tanaman obat,” terang Jaya Samaya Monong.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Sasar Gereja Katolik Kuala Kurun Dalam Program Minggu Kasih

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya melalui dinas-dinas terkait bersedia untuk membantu hal-hal lain jika dibutuhkan yang berkaitan dengan budidaya tanaman obat tersebut, seperti terkait perizinan dan lainnya agar mereka bisa berkembang.

“Kalau tanaman obat ini tidak kita budidayakan, maka bisa punah, sehingga mereka mengusulkan kepada saya tadi untuk bantuan terkait pembudidayaannya,” tuturnya.

BACA JUGA:   Strategi Ketahanan Pangan untuk Meningkatkan Produksi Pertanian di Gunung Mas

Dengan demikian, Jaya berencana untuk meninjau lokasi budidaya tanaman obat yang ada d Kecamatan Damang Batu. Kemudian untuk pembudidayaan tanaman obat Usis, membutuhkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk membudidayakan tanaman obat ini.

“Salah satunya kami membutuhkan adanya lahan untuk budidaya karena selama ini saya menanam di lahan milik gereja. Selain itu, kami juga membutuhkan pembangunan pagar agar tanaman obat kami tidak dicuri. (Ale).