Momen Hari Sumpah Pemuda, Bupati Katingan Ajak Pemuda Berperan Aktif Dalam Proses Pembangunan

ANNAS/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat pimpin upacara peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, pimpin pelaksanaan upacara peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda, di halaman kantor Bupati Katingan, Jumat 28 Oktober 2022.

Turut hadir Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, Pabung 1015 Sampit di Kasongan Mayor Chk Suriyanto, sejumlah Kepala SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan dan anggota DPRD Katingan, Camat, Kepala Desa serta tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Katingan Sakariyas, membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Dijelaskan, peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan Tema Bersatu Bangun Bangsa memberikan pesan mendalam untuk bersatu padu yang merupakan harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

BACA JUGA:   Rayakan HUT Damkar dan Satlinmas, Sekda Sebut Dua Lembaga yang Berkontribusi Besar untuk Masyarakat

“Pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” ucap Sakariyas, saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Terlepas dari hal tersebut, khusus Pemuda di Kabupaten Katingan. Bupati Sakariyas, berharap semua pemuda-pemudi di Bumi Penyang Hinje Simpei ini bisa menjadi aset untuk berperan aktif dalam proses pembangunan baik itu bidang Pendidikan, Politik, Ekonomi, Kesehatan, Sosial dan lainnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

“Saya mengajak para pemuda untuk bersama-sama, bagaimana kita bisa mengatasi berbagai permasalahan di daerah kita dalam membantu masyarakat seperti penangganan musibah banjir. Begitu juga pemuda harus terbebas dari yang namannya penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Meskipun di Kabupaten Katingan mempunyai Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan secara umum. “Harapan saya, jangan sampai ada orang Katingan yang masuk disitu karena berbagai kasus. Ke depan saya berharap pada Hari Sumpah Pemuda kedepannya yang bertugas semuanya harus pemuda,” pungkasnya. (Annas).