Momentum Sumpah Pemuda, Kalteng Deklarasi Perang Melawan Narkoba

Penandatanganan Deklarasi Perang Melawan Narkoba dalam rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Jumat, (28/10). (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Kalteng)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama seluruh unsur pembangunan lainnya di daerah setempat melaksanakan penandatanganan Deklarasi Perang Melawan Narkoba di momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin di Palangka Raya, Jumat 28 Oktober 2022 mengatakan, pihaknya mengajak seluruh pihak utamanya para pemuda untuk memerangi narkoba yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan.

“Narkoba merusak sendi-sendi kehidupan, kalau pemuda terpapar narkoba, maka ide dan kreativitas bisa terganggu,” tegas Nuryakin.

Menurutnya, perlu upaya dan kesadaran bersama dalam menjaga generasi muda untuk terus bertumbuh dan terhindar dari pengaruh negatif narkoba. Sebab diketahui bersama, para pemuda merupakan penentu masa depan bangsa dan negara, baik bagi Indonesia maupun khususnya bagi Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Ribuan Jamaah Padati Masjid Agung Kecubung Darurrahman Kota Palangka Raya

Nuryakin menjelaskan, narkoba harus diperangi sehingga para pemuda tidak terpapar. Narkoba dapat memberikan banyak pengaruh negatif, di antaranya memicu tindak kriminalitas, serta lainnya.

“Maka hindari narkoba untuk menyambut masa depan yang lebih baik. Pemuda sebagai penentu masa depan, artinya mulai sekarang persiapkan diri untuk bisa berkompetisi dan berinovasi untuk membangun Kalteng, membangun Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut Sekda Kalteng menjelaskan, tema “Bersatu Bangun Bangsa” dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini, memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

Dia menyampaikan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

BACA JUGA:   GMKI Cabang Palangka Raya Akan Menjadi Inisiator Aksi Terkait Beasiswa TABE dan Siap Kumpulkan 13.113 Mahasiswa Penerima Beasiswa

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” tegasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng Hamka menambahkan, selama ini pemerintah provinsi terus berupaya membentengi para pemuda dari pengaruh negatif narkoba.

“Pembinaan terhadap pemuda melalui berbagai program dan kegiatan terus kami lakukan, termasuk melibatkan pemuda dalam pelaksanaan pembangunan,” ucapnya.

Adapun dalam rangkaian upacara peringatan tersebut, juga dilaksanakan pembacaan Ikrar Anak Bangsa (IBAB) yang digelar bersamaan HSP sejak 2011 yang merupakan manifestasi deklarasi Bumi Tambun Bungai adalah Bumi Pancasila.

Usai upacara, kemudian dilanjutkan penandatanganan Deklarasi Perang Melawan Narkoba.

(ANTARA)