Terkendala Fasilitas, SDN 4 MB Hulu Akan Laksanakan ANBK di SDN 2 MB Hulu

NARDI/ BERITA SAMPIT - Aktifitas siswa SDN 4 Mentawa Baru Hulu saat jam istrirahat

SAMPIT – SDN 4 Mentawa Baru Hulu, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur akan melaksanakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) bersama SDN 2 MB Hulu, Rabu 2 Nopember 2022. Hal itu dilakukan karena fasilitas di SDN 4 MB Hulu terbatas

“Karena fasilitas belum memadai maka kami laksanakan ANBK bersama di SDN 2 MB Hulu,” kata Kepala SDN 4 MB Hulu Muhammad Hasan, Selasa 1 Nopember 2022.

Hasan menyampaikan selain SDN 4 MB Hulu juga ada beberapa sekolah juga ikut bergabung melaksanakan ANBK di SDN 2 MB Hulu yang beralamat di jalan MT Haryono Sampit.

BACA JUGA:   Beasiswa Gerbang Mentaya Tuai Kritik Keras dari Kalangan Mahasiswa

Meski menggunakan fasilitas sekolah lain, dikatakan bahwa siswanya tetap bersemangat mengikuti ANBK.

ANBK sendiri adalah ujian dengan menjawab soal dikomputer secara online dan dibatasi waktu, yang diikuti oleh siswa kelas V dilaksanakan selama dua hari.

“Tujuan ANBK adalah untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan, dan sebagai bahan evaluasi siswa, yang sudah dilaksanakan dua tahun terdiri dari soal literasi dan numerasi,” ungkapnya

Namun ada beberapa kendala dalam melaksanakan ANBK antara lain sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai, jaringan internet belum stabil, jika di kota saja masih sulit apalagi didaerah pelosok, juga ditambah lagi sedang terjadi bencana banjir di sejumlah desa yang membuat fasilitas pendidikan terendam banjir di wilayah Kotawaringin Timur.

BACA JUGA:   357 Siswa MAN Kotim Plus Keterampilan Ikuti Assesmen PTS 2024

“Besok kegiatan dimulai sekitar 07.30 sampai 09.30 sesi 1, sedangkan sesi 2 dimulai 10.30 sampai 12.30 WIB, sekolah juga sudah melaksanakan simulasi dan gladi sebelumnya sebagai persiapan agar siswa siap melaksanakannya,” ucapnya.

Dirinya berharap dengan siswa mengikuti ANBK mampu melek teknologi dan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan sebaik-baiknya, dan berharap agar seluruh siswa yang mengikuti ANBK bisa lulus dengan hasil terbaik. (Nardi)