Dinkes Palangka Raya Catat 1.718 Nakes Telah Divaksin Penguat Kedua

Petugas menunjukkan vaksin COVID-19 di salah satu Puskesmas di Palangka Raya, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, mencatat 1.718 tenaga kesehatan di kota setempat telah menerima suntikan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau vaksinasi penguat dosis kedua.

“Sampai saat ini dari 5.241 nakes yang telah menyelesaikan vaksin dosis pertama, 1.718 orang telah menerima suntikan vaksin dosis keempat atau ‘booster’ dosis kedua kategori vaksinasi program,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo di Palangka Raya, Kamis 3 November 2022.

Kemudian, lanjut dia, jumlah tenaga kesehatan yang telah menerima suntikan vaksinasi dosis kedua sebanyak 5.169 orang dan vaksinasi dosis ketiga sebanyak 4.788 orang.

BACA JUGA:   Bawaslu Kapuas Nyatakan Sejumlah TPS Diduga Lakukan Pelanggaran Administratif Pemilu

Pemberian vaksin penguat dosis kedua itu untuk meningkatkan perlindungan dan daya tahan tenaga kesehatan dari ancaman penyebaran COVID-19.

Dia mengatakan, jumlah tenaga kesehatan yang terbatas dan berhadapan langsung dengan pasien, termasuk warga terjangkit COVID-19 harus mendapat perlindungan tambahan.

Berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Rabu (2/11), 83.392 warga setempat telah menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis penguat atau “booster” kategori vaksinasi program.

Kemudian, capaian vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama tercatat 239.364 orang dan dosis kedua tercatat 205.485 orang telah divaksinasi.

Vaksinasi program di Kota Palangka Raya ini terdiri dari tenaga SDM kesehatan, lansia, pelayanan publik, masyarakat umum, remaja dan anak-anak.

BACA JUGA:   Kalteng Ramadan Festival 1445 Hijriah Resmi Ditutup

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, mengajak warga di kota setempat turut menyukseskan program vaksinasi, terutama dosis ketiga atau dosis penguat.

“Vaksinasi merupakan upaya paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19, atau minimal mengurangi risiko keparahan paparan virus corona. Untuk itu, warga yang telah masuk kriteria segera vaksinasi ‘booster’,” katanya.

Meski saat ini pemerintah telah memberikan kelonggaran terkait aktivitas, masyarakat tetap diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi serta rajin berolahraga.

(ANTARA)