Pelajar SMA di Palangka Raya Diberi Pemahaman Pentingnya Wawasan Kebangsaan

Satgas TMMD-Kesbangpol tingkatkan wawasan kebangsaan pelajar SMA di Palangka Raya. (ANTARA/Ho-Pendim 1016 Palangka Raya)

PALANGKA RAYA – Tim Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-155 Kodim 1016 Palangka Raya bersama Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, meningkatkan wawasan kebangsaan pelajar SMA.

“Kolaborasi ini kami lakukan melalui penyuluhan yang menyasar pelajar di SMA Negeri 10 Palangka Raya, tepatnya di Kelurahan Petuk Katimpun,” kata Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) TMMD Ke-115 Kapten Inf Juni Wijaya di Palangka Raya, Senin 7 November 2022.

Melalui upaya tersebut, ia berharap para pelajar selaku generasi muda calon penerus bangsa semakin memahami pentingnya wawasan kebangsaan, terutama dalam perspektif ketahanan nasional, bela Tanah Air, dan menjaga keutuhan NKRI.

BACA JUGA:   Orang Tua Bayi Korban Dugaan Malapraktik RSUD Doris Sylvanus Minta Anaknya Dapat Keadilan

“Edukasi ini merupakan bagian dari program kegiatan nonfisik TMMD Ke-155 Kodim 1016/Plk. Pelajar sebagai calon generasi penerus bangsa harus diberikan penguatan wawasan kebangsaan,” kata Juni.

Apalagi, lanjut dia, saat ini perkembangan zaman dan penyebaran informasi yang terjadi sangat cepat dan global menjadi ancaman jati diri bangsa, terutama di kalangan generasi muda.

Tak hanya di wilayah perkotaan, kata dia, ancaman terkikisnya cinta Tanah Air dan potensi abai jati diri bangsa mengancam pemuda di wilayah perdesaan, termasuk mereka di kawasan bantaran sungai, seperti di wilayah Kelurahan Petuk Katimpun.

BACA JUGA:   Tim SAR Palangka Raya Masih Cari Remaja Tenggelam, Lima Hari Pencarian Belum Ditemukan

Kepala Bidang Ideologi, Wasbang, dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kota Palangka Raya,Nining mengatakan saat ini banyak sekali generasi muda yang gemar mengadopsi budaya luar daripada adat dan budaya daerah.

Untuk itu, ujarnya, kondisi ini yang harus dibentengi sehingga pemuda mampu mengimbangi kemajuan zaman dan menjaga jati diri bangsa.

Melalui penyuluhan wawasan kebangsaan, papar dia, pihaknya ingin pelajar semakin menumbuhkan, meningkatkan pengetahuan, dan rasa cinta Tanah Air berbangsa dan bernegara.

“Penyuluhan ini untuk menguatkan karakter bangsa dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila sehingga bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari para pelajar SMAN 10,” kata Nining.

(ANTARA)