BREAKING NEWS: Warga yang Mau ke Jawa Kebingungan Vaksin Booster 3 di Kobar Habis

Foto IIustrasi_Kang Maman.

PANGKALAN BUN – Puluhan bahkan diperkirakan ratusan warga masyarakat yang mau ke Jawa menggunakan Kapal Laut dan Pesawat kebingungan lantaran stoch vaksin Booster 3 di setiap Puskesmas di Kabupaten Kotawaringin Barat habis.

“Sudah ada sekitar 3 mingguan Pak, stok vaksin booster 3 habis,” jawab salah seorang staf Kantor Puskesmas Mendawai, begitu juga staf di Puskesmas Jalan Malijo Kecamatan Arut Kabupaten Kobar, saat dikonfirmasi berita sampit.co.id, Senin 14 November 2022 mengatakan sudah habis.

“Waduh kemana ya Pak, mencari vaksin booster 3, saya Jumat besok mau ke Surabaya naik Kapal,” keluh Ibu Rohidah, di depan kantor Puskesmas Malijo, didengar beritasampit.co.id.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar: Pasar Ramadan Sarana Mendongkrak Ekonomi Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar H.Achmad Rois saat dikonfirmasi membenarkan vaksin booster 3 sampai hari ini Senin, 14 November 2022 di semua Puskesmas sudah habis.

“Sedang langka, 2 minggu yang lalu awal bulan November 2022 Kabupaten Kobar dapat droping sekitar 1755 dosis, setelah dibagikan kesemua Puskesmas selama 1 sampai 2 hari langsung habis,” kata Achmad Rois.

Adanya aturan ketat bagi calon penumpang Kapal dan Pesawat, syaratnya harus divaksin booster 3, kata Achmad Rois memang regulasi ini yang sudah diberlakukan dari pusat.

Saat ditanya beritasampit.co.id, bagaimana cara menanggulangi warga masyarakat yang mau ke Jawa, kehabisan vaksin booster 3. Dijawab Ahmad Rois,

BACA JUGA:   Sampaikan LKPJ TA 2023, Pj Bupati Ungkapkan Pertumbuhan Ekonomi di Kotawaringin Barat Semakin Meningkat

Di daerah tidak mampu untuk kendalikan aturan pusat yang terimplementasikan ini.

“Perpanjangan pusat di daerah yang menjaga pintu keluar masuk wilayah yang bisa menentukan portalnya di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan),” jawab Achmad Rois.

Manager Cabang PT. DLU Kumai Agus Supriyanto saat dikonfirmasi, mengatakan berdasarkan SE Satgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022, bahwa syarat calon penumpang harus melakukan vaksin booster 3.

“Tidak ada lagi syarat PCR dan Antigen Pak, syaratnya bagi para calon penumpang wajib melakukan vaksin booster ketiga, kami dari pelayaran tidak punya wewenang memberi kebijakan , seharusnya pemerintah yang bisa memberi kebijaksanaan,” kata Agus Supriyanto. (Man).